Skip to main content

Biologi: Pengertian, Cabang-cabang Biologi, dan Manfaat Mempelajarinya

Biologi: Pengertian, Cabang-cabang Biologi, dan Manfaat Mempelajarinya. Kini biologi sebagai ilmu alam bisa dengan mudah kamu pelajari melalui Google. Ilmu biologi mengkaji berbagai jenis organisme di alam, mulai dari hewan, tumbuhan, bakteri, alga, dan segala sesuatu yang hidup beserta interaksinya dengan lingkungan dan alam.

Untuk mempelajari biologi, kami telah merangkum beberapa hal terkait materi biologi, pengertian biologi, contoh biologi, cabang-cabang biologi, jurusan biologi, ruang lingkup biologi, dan manfaat mempelajari biologi.

kamus biologi sma

Namun jangan khawatir, mempelajari biologi tidak sesulit pelajaran IPA lainnya. Karena tidak banyak rumus yang perlu dihapalkan layaknya pelajaran matematika, kimia, maupun fisika. Meskipun begitu, metode dan cara belajar efektif penting untuk kamu ketahui agar lebih mudah saat mempelajari biologi.

Nah, buat kamu yang penasaran apa itu biologi dan segala hal yang terkait dengan pelajaran ilmu alam ini. Simak yuk penjelasannya berikut ini.   

Biologi

Biologi adalah ilmu yang fokus mempelajari makhluk hidup. Biologi sendiri berasal dari bahasa Yunani, yakni bios dan logos. Bios berarti kehidupan, sementara logos artinya ilmu. 

Dikutip dari Norwegian University of Science and Technology, biologi ini memiliki aspek yang membahas mengenai mekanisme molekuler dalam sel sampai dengan klasifikasi dan perilaku organisme yang ada di alam.

Materi Biologi

Materi biologi adalah pembahasan mengenai biologi yang tersaji secara struktur dan sistematis dengan tujuan lebih mudah memahaminya. Materi biologi untuk anak SMA tentu berbeda dengan materi yang ada di perguruan tinggi.

Bahkan untuk tingkat SMA/MA/SMA, materi biologi kelas 10, 11, dan 12 juga memiliki bab yang berbeda-beda. Misalnya, materi biologi kelas 10 lebih mempelajari hal-hal dasar seperti pengertian biologi, ruang lingkup biologi, animalia, plantae, protista, dan kingdom lainnya.

Sedangkan materi biologi kelas 11 lebih pada pembahasan mengenai struktur dan sistem tubuh manusia. Conrotnya antara lain:

  1. Materi sel
  2. Jaringan
  3. Sistem gerak
  4. Materi sistem pencernaan makanan
  5. Materi sistem respirasi 
  6. Sistem ekskresi, 
  7. Materi regulasi yang meliputi sistm sraf, indra dan endokrin.
  8. Sistem reproduksi, dan 
  9. Materi sistem kekebalan tubuh

Adapun untuk materi kelas 12 mengkaji bab pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, metabolisme, hereditas, mutasi, evolusi dan bioteknologi. Memang lebih sedikit materi biologi yang diajarkan kelas 12, karena anak SMA akan fokus pada ujian akhir kelulusan.

Contoh Biologi

Selanjutnya adalah contoh biologi yang pembahasannya tentu mengenai makhluk hidup, seperti ikan, tikus, semut, tumbuhan, padi, elang, dan masih banyak lagi yang lainnya. Contohnya, ikan masuk dalam kelas pisces, elang masuk dalam kelas aves, semut masuk dalam pembahasan mengenai serangga.

Selain itu, ada contoh biologi, seperti hubungan antara hormon dan fungsinya. Dimana hormon merupakan senyawa kimia penting yang ada pada organisme hewan, tumbuhan, manusia, dan makhluk hidup lainnya.

Kemudian, ada juga contoh lainnya dari biologi, misalnya membahas mengenai glikogenolisis yang merupakan proses pembentukan glikogen dari glukosa yang terjadi dalam tubuh manusia. 

Cabang-cabang Biologi

Cabang-cabang biologi sangat banayak loh. Ingin tahu? Simak yuk cabang keilmuan biologi yang kami rangkum sebagai berikut:

  1. Mikologi, cabang ilmu biologi yang mempelajari berbagai hal tentang jamur. 
  2. Genetika, cabang ilmu biologi yang mengkaji tentang pewarisan sifat, seperti gen, materi genetik (DNA dan RNA), persilangan, dan lain-lain.
  3. Sitologi, cabang biologi yang mempelajari tentang sel, mulai dari struktur sel, organel, hingga interaksinya.
  4. Histologi, cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang jaringan pada makhluk hidup.
  5. Ekologi, cabang biologi yang mengkaji tentang interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
  6. Taksonomi, ilmu yang mempelajari klasifikasi atau pengelompokkan makhluk hidup.
  7. Anatomi, cabang ilmu biologi yang mempelajari struktur tubuh makhluk hidup.
  8. Morfologi, cabang biologi yang mempelajari struktur luar dari tubuh makhluk hidup.
  9. Fisiologi, cabang biologi yang mempelajari bagian dalam dari tubuh makhluk hidup, baik secara fisik maupun morfologinya.
  10. Evolusi, cabang ilmu biologi yang mempelajari perubahan makhluk hidup dari generasi ke generasi.
  11. Zoologi, cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang hewan.
  12. Botani, cabang biologi yang mengkaji tentang tumbuhan.
  13. Virologi, cabang biologi yang mempelajari tentang virus.
  14. Ornitologi, cabang dari ilmu biologi yang mempelajari tentang burung.

Jurusan Biologi

Jurusan biologi adalah program studi di perguruan tinggi yang mempelajari tentang biologi. Lulusan jurusan biologi memiliki prospek yang sangat baik, lengkapnya kamu bisa baca 10 Karir Lulusan Jurusan Biologi yang Wajib Kamu Pahami

Adapun jurusan biologi ada dua, yaitu biologi murni dan biologi pendidikan. Untuk lulusan biologi murni akan mendapatkan gelar S.Si. Sedangkan jurusan biologi pendidikan mendapatkan gelar S.Pd.  

Ruang Lingkup Biologi

Dalam pelajaran biologi, ruang lingkup biologi membahas beberapa materi seperti, biologi sebagai sains, kerja ilmiah, bekerja di laboratorium, hingga ragam persoalan terkait biologi. Ruang lingkup ini berarti peserta didik mampu mengidentifikasi ruang lingkup biologi berdasarkan objek dan permasalahan biologi.

Selain itu, peserta didik mampu untuk menunjukkan sikap ilmiah, memahami prosedur keselamatan kerja di laboratorium, serta mampu merancang penelitian sederhana terkait objek biologi.

Manfaat Mempelajari Biologi

  1. Bidang Peternakan, biologi bermanfaat membantu menghasilkan varietas unggul bagi peternak, membantu perawatan ternak, mengembangkan reproduksi.
  2. Bidang Industri, biologi bermanfaat pada industri makanan, seperti proses pembuatan fermentasi pada makanan. Selain itu, bermanfaat bagi industri obat-obatan dan industri lain yang terkait dengan persoalan biologi. 
  3. Bidang Pertanian, membantu petani dalam meningkatkan hasil panen, membantu menciptakan bibit unggul, membantu dalam mengatasi hama tanaman, dll.

Selain manfaat di atas, biologi juga berperan dalam bidang lainnya, seperti bidang kedokteran, bidang nuklir, bidang perikanan, dan salin sebagainya. Namun secara umum manfaat biologi bisa kamu lihat di bawah ini:

  • Biologi sebagai sumber pengetahuan keanekaragaman hayati yang bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan manusia.
  • Biologi bermanfaat dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat. 
  • Biologi memiliki manfaat dalam menjaga kelestarian lingkungan demi mendukung pembanguann berkelanjutan dari pemerintah.
  • Biologi bermanfaat untuk menjaga agar biodiversity tidak punah.

Penutup

Demikian penjelasan tentang biologi yang meliputi pengertian, cabang-cabang biologi, hingga manfaat mempelajarinya. Semoga info dari kamusbiologisma.com bisa membantu kamu dalam mempelajari biologi. Sekian dan terima kasih.

Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar