Skip to main content

Berikut ini yang bukan merupakan manfaat biologi adalah

Berikut ini yang bukan merupakan manfaat biologi adalah ....
A. Pemanfaatan virus dan bakteri untuk membuat senjata biologi
B. Pembuatan bakteri pengurai plastik
C. Penggunaan bakteri thiobacillus sp untuk proses pemisahan logam
D. Pembiakan tanaman dengan cara kultur jaringan
E. Pembuatan tanaman transgenik

Jawaban dari soal biologi di atas adalah A (Pemanfaatan virus dan bakteri untuk membuat senjata biologi). Mengapa jawaban tersebut bukan termasuk manfaat biologi? Begini alasan dari Kamus Biologi SMA!

kamus biologi sma

Pembahasan senjata biologi bukan manfaat dalam mempelajari biologi

Senjata biologi adalah senjata yang dibuat dari mikroorganisme patogen dengan tujuan untuk melukai, menyakiti, dan membunuh. Jelas senjata biologi bukanlah manfaat mempelajari biologi, karena bersifat sangat merugikan.

Memang senjata biologi tidak kalah mengerikan dengan senjata lain seperti senjata nuklir, senjata kimia, dan lain sebagainya. Senjata biologi dalam sejarahnya sendiri sudah ada sejak tahun 1155, tepatnya pada zaman kaisar Barbarossa.

Pada masa Kaisar Barbarossa tersebut, senjata biologi digunakan untuk meracuni sumur. Senjata biologi yang dibuat berasal dari potongan tubuh manusia.

Kemudian, yang paling mengerikan adalah penggunaan senjata bilogi pada perang dunia ke-2, di mana senjata biologi yang digunakan antara lain, wabah pes, antraks, korela, hingga keracunan yang disebabkan oleh jenis-jenis bakteri.

Karena itulah, senjata biologi bukan manfaat dari mempelajari biologi. Sebab belajar biologi seharusnya memberikan dampak yang baik bagi kehidupan, bukan malah dibuat untuk membunuh manusia.

Manfaat mempelajari biologi

Berikut ini beberapa manfaat membelajari biologi, antara lain :

  • Untuk mengetahui dan memahami sifat-sifat dari suatu organisme, seperti bentuk, struktur, sampai dengan prilaku makhluk hidup.
  • Berguna untuk menciptakan bibit unggul baik tanaman maupun hewan dengan tujuan ketersediaan pangan dan ekonomi masyarakat.
  • Mampu mencegah berbagai penyakit dan wabah yang yang disebabkan oleh mikroorganisme.
  • Dapat menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan lingkungan.

Penutup 

Demikian soal dan pembahasan biologi yang berkaitan dengan manfaat mempelajari biologi. Semoga bermanfaat. 

Jangan lupa ikuti terus Kamus Biologi SMA. Bagi yang belum baca kumpulan soal biologi, silahkan buka link berikut ini https://www.kamusbiologisma.com/2022/03/kumpulan-soal-biologi-lengkap-dengan.html 

Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar