Skip to main content

Interaksi Antara Organisme Ganggang dan Jamur yang Membentuk Lumut Kerak

Interaksi Antara Organisme Ganggang dan Jamur yang Membentuk Lumut Kerak

Interaksi antara organisme ganggang dan jamur yang membentuk lumut kerak adalah …. 

A. Predasi karena jamur pada akhirnya merangsang ganggang

B. Kompetisi karena ganggang dan jamur saling berebut makanan

C. Parasitisme karena kehidupan jamur merugikan ganggang

D. Komensalisme karena jamur mendapat untung dan ganggang tidak rugi

E. Mutualisme karena jamur dan ganggang saling mendapat untung

Jawaban soal biologi dari kamusbiologisma.com adalah E, karena jamur dan ganggang yang membentuk lumut kerak atau lichen memiliki hubungan timbal balik yang saling menguntungkan. Interaksi saling menguntungkan inilah yang disebut dengan mutualisme.

Simbiosis mutualisme yang terjadi yaitu, ganggang atau alga melakukan fotosintesis, sementara fungi mengambil air dan mineral lainnya dari lingkungan untuk membentuk lumut kerak.

Meskipun begitu, akhir dari interaksi antara jamur dan ganggang akan mengalami helotisme. Dimana jamur akan memanfaatkan ganggang untuk mendapatkan makanannya.

Interaksi Jamur dan Alga 

Interaksi jamur dan alga dalam membentuk lichen termasuk simbiosis mutualisme. Dimana jamur sebagai pengokoh tubuh dan menghisap air, sedangkan alga melakukan fotosintesis untuk menghasilkan makanan.

Dalam hal ini, simbiosis mutualisme antara jamur dan alga berarti hubungannya saling menguntungkan. Artinya, keduanya tidak ada yang dirugikan dalam pola interaksi yang terbangun.

Jika hubungan yang terjadi antar spesies saling merugikan, maka disebut dengan parasitisme. Sedangkan, jika interaksi hubungan yang terjadi satu untung dan satu netral, maka disebut dengan simbiosis komensialisme. 

Interaksi Antara Semut dan Kutu Buah

Pola hubungan antar spesies yang menguntungkan tidak hanya terjadi pada jamur dan alga, melainkan juga antara semut dan kutu buah. Pola interaksi ini namanya sama, yaitu simbiosis mutualisme.

Lalu apa interaksi yang sama-sama untung dari semut dan kutu buah? Semut mendapatkan makanan dari madu yang dihasilkan oleh kutu buah. Sedangkan kutu buah aman dari predator, karena semut melindunginya.

Hubungan interaksi itulah yang kemudian disebut dengan mutualisme. Hubungan seperti ini bisa loh kamu terapkan dalam ranah sosial. Coba deh! Biar kehidupan selalu damai guys...

Akhir Kata

Interaksi antar spesies atau yang disebut dengan simbiosis banyak jenisnya, antara lain mutualisme, komensialisme, parasitisme, kompetisi, dan lain sebagai. Adapun soal biologi di atas adalah contoh dari simbiosis mutualisme.

Demikian penjelasan mengenai interaksi antara organisme ganggang dan jamur dalam membentuk lumut kerak yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat. Amin

Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar