Skip to main content

Hubungan Antara Hormon dan Fungsinya

Hubungan antara hormon dan fungsinya biasanya muncul dalam soal-soal ujian biologi, baik saat PTS maupun PAT. Untuk memudahkan para siswa mempelajari pelajaran biologi, berikut kami berikan ringkasan hormon dan fungsinya.

Selain itu, kamu juga bisa melihat pada link Hubungan yang tepat antara hormon dan fungsinya. Meskipun begitu, kami akan menambahkan beberapa materi yang dapat membuat kamu lebih mudah memahaminya.

kamus biologi sma

Agar lebih jelas, silahkan langsung scroll halaman ke bawah!

Hubungan Antara Hormon dan Fungsinya

  • Auksin, hormon pada tumbuhan yang berfungsi meningkatkan pemanjangan serta memperbesar sel.
  • Hormon giberelin, mempengaruhi pertumbuhan batang, buah, perkembangan embrio, dan dormansi biji.
  • Sitokinin, membantu hormon auksin dalam mengatur pembelahan sel, menghambat umur, meningkatkana pembesaran sel, dan memacu perkembangan kloroplas.
  • Kalsitonin, hormon yang berfungsi menurunkan kadar kalsium yang berlebihan dalam tubuh agar normal kembali.
  • Hormon insulin, berfungi untuk membantu mengontrol glukosa dalam tubuh manusia.

Apa itu Hormon pada Manusia?

Hormon adalah senyawa kimiawi yang dibuat oleh kelenjar-kelenjar dalam sistem endokrin. Hormon bekerja dengan cara memberikan pesan ke seluruh tubuh melalui sistem peredaran darah manusia.

Hormon pada manusia antara lain, somatotropin, prolaktin, LH, FSH, TSH, ACTH, tiroksi, kalsitonin, dan masih banyak lagi hormon yang lainnya.

Apa itu hormon pada wanita?

Hormon pada wanita seperti prolaktin yang berfungsi merangsang produksi air susu ibu (ASI). Kemudian ada hormon luteinizing (LH) yang berfungsi mengendalikan siklus menstruasi pada wanita.

Selain itu, ada juga hormon hormon estrogen dan progesteron yang berfungsi untuk pembentukan payudara pada masa pubertas, mengontrol siklus menstruasi, hingga menunjang kehamilan.

Apa itu fungsi hormon?

Fungsi hormon adalah sebagai pengontrol dan pengendali pada hampir semua fungsi tubuh. Contohnya hormon yang membantu pertumbuhan, metabolisme, reproduksi, dan lain-lain.

Hormon memiliki peran penting bagi tubuh manusia, sehingga fungsi hormon perlu kamu ketahui. Dan, untuk mempelajarinya, kamu bisa baca-baca materi mengenai hormon dalam kamusbiologisma.com. 

Penutup

Demikian penjelasan mengenai hormon dan fungsinya, lengkap dengan penjelasan apa itu tentang hormon. Jika ada yang kurang pas, silahkan tulis pesan pada kolom komentar.

Sekian info hari ini, semoga bisa lebih mudah saat mempelajari pelajaran biologi. Terima kasih  

Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar