Skip to main content

10 Karir Lulusan Jurusan Biologi yang Wajib Kamu Pahami

Karir lulusan biologi buat para siswa yang ingin masuk jurusan biologi tentu masih membingungkan. Hal itu terlihat dari pertanyaan yang sering mereka sampaikan yaitu, lulusan biologi kerja apa? Terus gaji lulusan biologi murni dan pendidikan berapa?

Tenang jangan khawatir, karena banyak lulusan biologi yang sukses. Karir lulusannya pun memiliki ragam pekerjaan yang tentunya tidak lepas dari banyaknya keunggulan jurusan biologi daripada jurusan MIPA lainnya.

kamus biologi sma

Keunggulan jurusan biologi MIPA tidak hanya mempelajari hitungan saja, namun juga alam dan organisme hidup. Sehingga membuat lulusan jurusan biologi memiliki nilai plus dan bisa bekerja di masa saja.

Beberapa perguruan tinggi yang memiliki bidang keilmuan biologi dalam kampusnya antara lain UI, UGM, Intitut Pertanian Bogor (IPB), UB, UIN Malang, UNESA Surabaya, Universitas Mulawarman, dan masih banyak yang lainnya. 

Nah, lalu apa saja 10 karir lulusan jurusan biologi yang wajib kamu pahami. Simak terus yuk sampai ke bawah!

1. Lulusan Biologi Bekerja sebagai Ilmuwan 

Karir pertama lulusan biologi bisa menjadi seorang ilmuwan. Tidak dipungkiri karir ini sangat menarik, karena selain bisa membantu persoalan masyarakat seperti mengatasi wabah virus, menemukan obat, dan lain-lain. Seorang ilmuwan juga gajinya tinggi, baik ilmuwan di perusahaan maupun instansi pemerintahan.

Adapun pekerjaan ilmuwan biologi, seperti menguji atau menganalisis suatu mikroorganisme yang ada di laboratorium. Contohnya, uji produk makanan dan oabt-obatan.

Selain itu ada juga ilmuwan biologi yeng bekerja di lapangan. Misalnya, mengidenifikasi makhluk hidup, inventarisasi hewan dan tumbuhan, hingga AMDAL atau Analisis Mengenai Dampak Lingkungan. 

2. Guru

Selanjutnya, lulusan jurusan biologi menjadi guru, terutama yang masuk pada jurusan pendidikan biologi. Meskipun begitu, bagi kamu yang sudah terlanjur masuk jurusan biologi murni juga bisa menjadi seorang guru.

Menjadi guru ini bisa kamu lakukan di sekolah-sekolah, baik sekolah negeri maupun swasta. Selain itu, kamu juga bisa menjadi guru atau pengajar melalui tempat les ataupun bimbingan belajar.

Kalo berbicara gaji, tentu gaji guru sekarang bisa dikatakan sangat bagus. Apalagi jika kamu guru yang sudah mengikuti dan lulus dari sertifikasi guru PPG. Belum lagi kalo kamu guru PNS, dan lain-lain dengan berbagai tunjangan yang wow.

3. Lulusan Jurusan Biologi Menjadi Dosen

Lulusan jurusan biologi bisa menjadi dosen pasti kamu sudah tahu. Tapi tahukah jika tidak hanya jadi dosen pada jurusan biologi saja, namun juga bisa ke jurusan lain seperti dosen jurusan pertanian, kehutanan, kedokteran, perikanan, pendidikan keguruan, dan kesehatan.

Dalam hal ini artinya peluang dosen biologi dalam mengembangkan karir sangat banyak. Bisa lintas jurusan, bahkan lintas kamus jika memungkinkan. 

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengembangkan profesi dosen biologi dengan berkarir ke luar negeri. Artinya, gaji kamu bisa berlipat-lipat. Gimana, tertarik!

4. Wirausaha

Prospek lulusan biologi tidak melulu pada dunia akademik saja. Karena banyak lulusan jurusan biologi yang bekerja secara mandiri atau berwirausaha.

Pekerjaan menjadi wirausaha juga sangat menjanjikan. Kamu bisa mengembangkan potensi biologi ke dunia flora, misalnya dengan bisnis budidaya tanaman hias, menjadi petani tanaman organik, dan lain sebagainya.

Kemudian usaha lain juga bisa kamu kerjakan, seperti film maker lingkungan hidup, fotografer satwa, membuat alat pertanian, dan masih banyak bisnis dengan basis keilmuan biologi lainnya.

5. Laboran

Salah satu keahlian seorang lulusan biologi adalah kemampuannya pada dunia laboratorium. Sehingga tidak heran jika banyak laboran diambil dari lulusan jurusan biologi.

Pekerjaan sebagai laboran bisa kamu dapatkan pada berbagai tempat. Misalnya sekolah, perguruan tinggi, maupun isntansi yang di dalamnya terdapat laboratoium.

Biasanya seorang laboran atau teknisi laboratorium ini bertugas mempersiapkan alat dan bahan, menginventarisasi perlengkapan, hingga mengecek alat-alat secara berkala sesuai dengan juknis kerja. 

6. Konsultan

Secara umum untuk berkarir pada bidang konsultan, seorang lulusan biologi biasanya bekerja secara freelance atau tidak berstatus sebagai karyawan perusahaan. Artinya, dalam menjalankan pekerjaan akan menerima gaji per proyek/pekerjaan.

Sementara untuk besaran nominal gaji, tergantung pada kesepakatan antara pemilik perusahaan dengan konsultan. Adapun contoh pekerjaan konsultan keahlian biologi seperti, konsultan konservasi lingkungan hidup, konsultan data penelitian, dan lain-lain. 

7. Lulusan Jurusan Biologi Berprofesi sebagai Penulis

Bagi kamu yang suka menulis, tentu masuk jurusan biologi bukanlah sebuah masalah. Karena banyak juga lulusan biologi yang menjalani profesi sebagai penulis.

Berdasarkan pengalaman penulis, yang sejatinya juga lulusan biologi pada salah satu universitas negeri yang ada di Indonesia. Penulis adalah profesi yang menjanjikan dan memiliki prospek jangka panjang.

Untuk menulis, kamu bisa saja berprofesi sebagai penulis buku, jurnal penelitian, content writer, koran, ghost writer dan lain sebagainya. Misalnya, penulis buku dengan pendapatan royalti, terlebih buku yang kamu tulis best seller. 

Kemudian menjadi penulis website dengan gaji jutaan rupiah perbulan, bahkan ada yang lebih dari 10 juta ke atas. Apalagi jika kamu sudah penulis pro, tentu pendapatan akan sangat luar biasa. 

8. PNS

Lulusan jurusan biologi juga bisa mengembangkan karir sebagai PNS. Tapi ingat, perhatikan nilai akreditasi, minimal cari jurusan biologi dengan akreditasi B agar bisa masuk kualifikasi menjadi PNS.

Selain itu kamu juga harus pastikan nilai IPK kuliah juga bagus. Karena beberapa intansi atau daerah memiliki syarat nilai IPK untuk PNS, ada yang minimal IPK 2,75, dan ada pula yang minimal batasnya 3,00.  

Beberapa lembaga yang bisa kamu masuki untuk jadi PNS antara lain, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan, Dinas kesehatan, Dinas perindustrian, Dinas kehutanan, Dinas perikanan, dan lain sebagainya.

9. Ilmuwan Internasional

Menjadi ilmuwan internasional tidaklah sesulit yang dibayangkan. Karena lulusan jurusan biologi juga bisa melakukannya. Caranya mudah, apalagi sekarang media informasi dan publikasi sudah tersedia dan aksesnya gampang.

Hal utama yang harus kamu lakukan untuk menjadi ilmuwan internasional dengan cara memperbanyak riset, baik saat menjadi mahasiswa maupun dosen biologi. Kemudian memahami tentang hak paten dan tahu bagaimana mempublikasikannya.

Untuk riset atau penelitian memang biayanya mahal, tapi kamu bisa mengatasi melalui ikut program dana hibah. Selain itu, jangan ragu membuat proposal pengajuan dana baik ke dalam negeri maupun luar negeri untuk pengembangan riset.

10. Ilmuwan Medis

Tidak dipunkiri bahwa dunia kesehatan terus berkembang. Nah, buat kamu para lulusan biologi bisa menjadi bagian dari ilmuwan medis.

Karir ilmuwan medis ini seperti menjadi analis kesehatan, patologi, hingga fisiologi kesehatan tubuh manusia. Sementara untuk gaji ilmuwan medis cukup fantastik, bisa lebih dari 80000$ USD per tahun. 

Akhir Kata

Itulah 10 karir lulusan jurusan biologi yang wajib kamu pahami sebelum masuk kuliah. Semoga informasi ini bisa membantu kamu saat ingin masuk jurusan biologi.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan. Jangan lupa tulis pesan pada kolom komentar apabila kamu masih ragu. Semangat, terus berusaha, dan berdoa. 

Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar