Skip to main content

25 Soal Essay Biologi Kelas X SMA Semester Ganjil Berserta Kunci Jawabannya

Soal essay biologi kelas X SMA ini dibuat untuk kebutuhan semester ganjil. Jumlah soalnya ada 25 lengkap dengan kunci jawaban agar kamu lebih mudah mempelajarinya. Rinciannya terdiri dari 20 soal biologi jawaban singkat dan 5 soal dengan jawaban panjang. 

Melalui soal-soal tersebut, kamu juga bisa membuat rangkuman soal biologi atau memodifikasinya sesuai kebutuhan belajar kamu. Sehingga kamu yang sedang duduk di kelas X SMA bisa menjawab soal dengan mudah saat ujian biologi, baik PTS, PAS, maupun ulangan harian.

Nah, buat kamu yang penasaran ingin tahu secara jelas soal essay biologi yang akan kami berikan. Silahkan scroll terus sampai ke bawah. 

Soal Essay Biologi Kelas X Semester Ganjil

Kamus Biologi SMA

1. Organel sel yang berikatan dengan hanya satu sisi dari ER kasar, dan sisi lain sebagai tempat untuk mensekresikan protein yang baru disintesis adalah ….

2. Teori sel yang menyatakan bahwa setiap sel berasal dari sel sebelumbnya “omne cellula ex cellula” dikemukakan oleh ... .

3. Organel sel yang berperan dalam pembelahan sel adalah ....

4. Organel sel berupa kantong terikat membran yang berisi enzim hidrolitik yang berguna untuk mengontrol pencernaan intraseluler pada berbagai keadaan adalah ....

5. Plastida yang mengandung lemak atau menyimpan minyak disebut ….

6. Organel berbentuk vesikula besar yang berisi cairan dan diselubungi membran tunggal yaitu ....

7. Saat minum, air akan masuk secara osmosis kedalam darah dan menyeimbangkan kadar garam. Apa nama transpor sel dalam peristiwa tersebut?

8. Berikut merupakan organel-organel sel: 1) vakuola, 2) ribosom, 3) lisosom, 4) retikulum endoplasma, 5) plastida, 6) sentrosom, 7) dinding sel. Organel sel yang hanya dimiliki oleh tumbuhan ditunjukkan oleh nomor ... . 

09. Organel-organel yang berperan dalam sintesis enzim yang dibutuhkan untuk mencerna makanan di dalam usus halus adalah ….

10. Materi genetik sebuah sel eukariotik tersimpan di ….

11. Lisosom, organel yang hanya terdapat pada sel hewan yang berfungsi sebagai….

12. Organel yang merupakan tempat berlangsungnya respirasi sel disebut….

13. Jaringan yang membawa hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh adalah…

14. Suatu jaringan yang terbentuk dari sel-sel hidup dengan struktur morfologi serta fisiologi yang bervariasi dan masih melakukan segala kegiatan proses fisiologis adalah ... .

15. Perhatikan gambar dibawah ini! 

Kamus Biologi SMA

Lingkaran kambium dan floem berturut-turut ditunjukkan oleh nomor....

16. Terbentuknya lingkaran tahun merupakan hasil aktivitas jaringan ... .

17. Akar berfungsi menyerap air dan garam-garam mineral. Akar membentuk rambut-rambut akar bertujuan untuk ......

18. Pada struktur akar terdiri atas beberapa lapis sel berdinding tipis dan tidak banyak ruang antar sel yang berguna untuk pertukaran zat , juga sebagai tempat cadangan makanan adalah ... .

19. Kangkung dan kaktus dapat melakukan fotosintesis pada batangnya karena memiliki kloroplas yang terdapat pada jaringan ....

20. Tumbuhan yang masih muda walaupun belum berkayu tetapi dapat tumbuh tegak. Jaringan yang memberikan kekuatan pada tumbuhan yang masih muda adalah... .

21. Jelaskan meristem primer pada tumbuhan! 

22. Apa saja jaringan dasar pada batang? 

23. Jelaskan organel-organel khusus penyusun sel tumbuhan!

24. Sebutkan macam-macam jaringan meristem berdasarkan asal pembentukannya!

25. Jelaskan tahapan teknik kultur jaringan!

Kunci Jawaban Soal Essay Biologi 

Jawaban Pendek

1. Ribosom
2. Rudolf Virchow
3. sentrosom
4. Lisosom
5. Leukoplas/ elaioplas
6. Vakuola
7. Osmosis
8. 5,7
9. Retikulum Endoplasma (RE)
10. Nukleus
11. Pencernaan intrasel
12. Mitokondria
13. Floem
14. Parenkim
15. 3/4, 1
16. Kambium
17. Untuk memperluas bidang penyerapan akar.
18. Korteks
19. Palisade
20. Kolenkim

Jawaban Panjang

21. Meristem yang berasal dari sel–sel embrio, misalnya terdapat pada ujung akar yang biasanya disebut dengan titik tumbuh apikal sehingga mampu tumbuh memanjang. meristem primer merupakan jaringan lanjutan dari promeristem yang sel-selnya masih aktif membelah.

22. Jaringan dasar biasa dikelompokkan dijadikan tiga jaringan sesuai derajat penebalan dinding selnya: parenkima, kolenkima, dan sklerenkima.

23. Plastida adalah organel yang hanya terdapat di dalam sel tumbuhan. Organel ini berisi pigmen atau pemberi warna. Salah satu contoh plastida yang hanya terdapat pada sel-sel tumbuhan adalah klorofil. Plastida yang berisi klorofil disebut kloroplas. Ia berfungsi sebagai organel utama penyelenggara proses fotosintesis. 

Dinding sel pada tumbuhan adalah organel yang bersifat permeabel. Dinding ini memisahkan bagian dalam sel dari lingkungan luar sel. Selain itu, dinding sel juga berperan untuk menjaga bentuk sel dan sebagai perlindungan untuk organel lainnya di dalam sel.

24. Meristem primer adalah jaringan meristem pada tumbuhan dewasa yang sel-selnya masih aktif membelah. Sedangkan meristem sekunder berasal dari sel-sel dewasa yang berubah sifatnya menjadi sel-sel meristematik.

25. Tahapan teknik kultur jaringan:

  • Media, merupakan faktor penentu dalam perbanyakan dengan kultur jaringan.
  • Intisiasi, adalah pengambilan eksplan dari bagian tanaman yang akan dikulturkan.
  • Sterilisasi, segala kegiatan dalam kultur jaringan harus dilakukan di tempat yang steril, yaitu dilaminar flow dan menggunakan alat-alat yang juga steril.
  • Multiplikasi, adalah kegiatan memperbanyak calon tanaman dengan menanam eksplan pada media.
  • Pengakaran, fase dimana eksplan akan menunjukkan adanya pertumbuhan akar yang menandai bahwa proses kultur jaringanyang dilakukan mulai berjalan dengan baik.
  • Aklimatisasi, merupakan kegiatan memindahkan eksplan keluar dari ruangan aseptic ke bedeng.

Itulah 25 soal essay biologi kelas X SMA lengkap dengan kunci jawabannya. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar