Skip to main content

Bakteri Escherichia coli Transgenik yang telah Dikloning dengan Gen Insulin Sapi, Manfaatnya!

Bakteri Escherichia coli transgenik yang telah dikloning dengan gen insulin sapi dapat menghasilkan hormon insulin dalam jumlah yang banyak dan kualitas yang baik. Manfaat produk bioteknologi ini adalah untuk ....

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah untuk pengobatan diabetes. Karena pembuatan hormon insulin berguna bagi penderita diabetes, di mana penderita tidak mampu membentuk hormon insulin dalam tubuhnya.

kamus biologi sma

Penderita penyakit diabetes yang tidak mampu memproduksi hormon insulin akan menyebabkan kadar gula dalam darah menjadi tinggi. Sehingga jika hal itu terjadi secara terus-menerus akan mengakibatkan komplikasi diabetes, seperti kerusakan ginjal, luka tidak sembuh-sembuh, kerusakan saraf, dan lain-lain.  

Lalu bagaimana pembuatan hormon insulin? Simak penjelasan dari kamusbiologisma.com di bawah ini.

Proses Pembuatan Hormon Insulin

  1. Langkah pertama proses pembuatan hormon insulin yaitu dengan mengambil gen insulin langsung dari DNA donor dengan menggunakan bantuan enzim retriksi.
  2. Kemudian menyisipkan gen insulin pada plasmid bakteri Escherichia coli dengan bantuan enzim ligase.
  3. Selanjutnya proses memasukkan plasmid rekombinan ke dalam vektor bakteri Escherichia coli.
  4. Lalu terjadi pembelahan pada bakteri E.coli.
  5. Terakhir kultur DNA hasil dari proses rekayasa dan ekstraksi insulin.

Dari proses pembuatan hormon insulin melalui bakteri escherichia coli transgenik, tentu akan sangat bermanfaat bagi manusia, terutama pada penderita diabetes mellitus.

Sekian penjelasan dari kami mengenai hormon insulin. Jangan lupa baca juga hubungan antara hormon dan fungsinya. Semoga bermanfaat, amiin.

Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar