Skip to main content

RPP Biologi Kelas XI Semester 1 Lengkap Terbaru

RPP Biologi Kelas XI Semester 1 Lengkap Terbaru bisa Anda ambil tanpa perlu repot download. Cukup hanya menyesuaikan inti dan modifikasi pasti dalam satu hari bisa selesai. Terlebih revisi yang Anda lakukan mudah dan cepat dengan bantuan form utama.

Rencana pelaksaaan pembelajaran (RPP) merupakan bahan pembelajaran yang harus dipersiapkan oleh seorang guru sebelum masuk semester. Ada RPP kelas xi kurikulum 2013 revisi 2020, rpp daring biologi kelas xi semester 1, rpp biologi sma kelas xi semester 1 dan 2, rpp biologi kelas x semester 1, silabus dan rpp biologi kelas xi kurikulum 2013.

kamus biologi sma

Sementara untuk teknis membuatnya, Anda tinggal ambil data RPP utama di RPP 1 Lembar Biologi Kelas X SMA Revisi. Kemudian lanjutkan dengan modifikasi yang sudah dipersiapkan pada bagian bawah artikel ini.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah  : Nama Sekolah

Mata Pelajaran  : Biologi

Kelas/Semester : XI (Sepuluh)/ 1

Materi Pokok  : Respirasi

Alokasi Waktu   : 2 Jam Pelajaran/ Pertemuan 1, 2, dan 3

Kompetensi Dasar

3.7 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem respirasi dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem respirasi manusia.

Indikator

4.7 Menyajikan hasil analisis pengaruh pencemaran udara terhadap kelainan pada struktur dan fungsi organ pernapasan manusia berdasarkan studi literatur.

1.    Tujuan Pembelajaran:

Peserta didik memahami hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem respirasi dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem respirasi manusia.

2.    Langkah Kegiatan Pembelajaran:

a.         Pendahuluan

1)         Melalui Https://classroom.google.com/h guru menyapa siswa dan memastikan sudah menerima share materi yang ada di https://www.kamusbiologisma.com/

2)         Peserta didik berdoa dan saling berkabar.

3)         kesehatan, tetap patuhi social/physical distancing.

4)         Peserta didik mencermati tujuan pembelajaran dan skenario kegiatan.

5)         Peserta didik mengisi membaca dan mencermati link pembelajaran biologi tersebut.

b.        Inti                                                         

1)         Berdasarkan materi yang telah di share terkait respirasi, peserta didik menelaah dan mencermati hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem respirasi dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem respirasi manusia.

2)         Peserta didik mengerjakan tugas di lembar jawaban yang telah disediakan dalam blog Biologi Https://www.kamusbiologisma.com/.

c.         Penutup                                                                                              

1)        Guru menugasi peserta didik untuk menulis form yang telah disediakan di blog https://www.kamusbiologisma.com/

2)         Membuat laporan dari penugasan tersebut di atas.               

3.         Penilaian                                   

1)         Penilaian tugas online.

2)         Penilaian sikap peserta didik selama mengikuti PJJ.

Jakarta, 04 Juli 2022

Kepala Sekolah Guru Mata pelajaran


Nama Kepsek Nama Guru

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sel

Materi Pokok                     : Sel

Alokasi Waktu                   : 2 Jam Pelajaran/ Pertemuan 1, 2 dan 3

Kompetensi Dasar

3.1 Menjelaskan komponen kimiawi penyusun sel, struktur, fungsi, dan proses yang berlangsung dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan.

Indikator

4.1 Menyajikan hasil pengamatan mikroskopik struktur sel hewan dan sel tumbuhan sebagai unit terkecil kehidupan.

1.    Tujuan Pembelajaran:

Peserta didik memahami permasalahan komponen kimiawi penyusun sel, struktur, fungsi, dan proses yang berlangsung dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan.

a.         Inti                                                         

1)         Berdasarkan materi yang telah di share terkait sel, peserta didik menelaah dan memahami permasalahan komponen kimiawi penyusun sel, struktur, fungsi, dan proses yang berlangsung dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan.

2)         Peserta didik mengerjakan tugas di lembar jawaban yang telah disediakan dalam blog Biologi Https://www.kamusbiologisma.com/.

RPP Jaringan Tumbuhan

Materi Pokok                     : Jaringan Tumbuhan

Alokasi Waktu                   : 2 Jam Pelajaran/ Pertemuan 1, 2, dan 3

Kompetensi Dasar

3.2 Menganalisis keterkaitan antara struktur sel pada jaringan tumbuhan dengan fungsi organ pada tumbuhan

Indikator

4.2 Menyajikan data hasil pengamatan struktur jaringan dan organ pada tumbuhan.

1.    Tujuan Pembelajaran:

Peserta didik memahami keterkaitan antara struktur sel pada jaringan tumbuhan dengan fungsi organ pada tumbuhan.

a.         Inti                                                         

1)        Berdasarkan materi yang telah di share terkait materi jaringan tumbuhan, peserta didik menelaah dan mencermati keterkaitan antara struktur sel pada jaringan tumbuhan dengan fungsi organ pada tumbuhan.

2)         Peserta didik mengerjakan tugas di lembar jawaban yang telah disediakan dalam blog Biologi Https://www.kamusbiologisma.com/ 

RPP Jaringan Hewan

Materi Pokok                    : Jaringan Hewan

Alokasi Waktu                  : 2 Jam Pelajaran/ Pertemuan 4

Kompetensi Dasar

3.3 Menganalisis keterkaitan antara struktur sel pada jaringan hewan dengan fungsi organ pada hewan.

Indikator

4.3 Menyajikan data hasil pengamatan struktur jaringan dan organ pada hewan.

1.    Tujuan Pembelajaran:

Peserta didik memahami keterkaitan antara struktur sel pada jaringan hewan dengan fungsi organ pada hewan dengan menyajikan data hasil pengamatan struktur jaringan dan organ pada hewan.

a.         Inti                                                         

1)         Berdasarkan materi yang telah di share terkait jaringan hewan, peserta didik menelaah dan mencermati keterkaitan antara struktur sel pada jaringan hewan dengan fungsi organ pada hewan.

2)         Peserta didik mengerjakan tugas di lembar jawaban yang telah disediakan dalam blog Biologi Https://www.kamusbiologisma.com/.

Sistem Gerak

Materi Pokok                     : Sistem Gerak

Alokasi Waktu                   : 2 Jam Pelajaran/ Pertemuan 5

Kompetensi Dasar

3.4 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem gerak dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem gerak manusia.

Indikator

4.4 Menyajikan karya tentang pemanfaatan teknologi dalam mengatasi gangguan sistem gerak melalui studi literatur.

1.    Tujuan Pembelajaran:

Peserta didik memahami hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem gerak dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem gerak manusia.

a.         Inti                                                         

1)         Berdasarkan materi yang telah di share terkait sistem gerak, peserta didik menelaah dan mencermati hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem gerak dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem gerak manusia.

2)         Peserta didik mengerjakan tugas di lembar jawaban yang telah disediakan dalam blog Biologi Https://www.kamusbiologisma.com/.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sistem Sirkulasi

Materi Pokok                    : Sistem Sirkulasi

Alokasi Waktu                  : 2 Jam Pelajaran/ Pertemuan 1, 2 dan 3

Kompetensi Dasar

3.5 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem sirkulasi dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem sirkulasi manusia.

Indikator

4.5   Menyajikan karya tulis tentang kelainan pada struktur dan fungsi darah, jantung, pembuluh darah yang menyebabkan gangguan sistem sirkulasi manusia serta kaitannya dengan teknologi melalui studi literatur.

1.    Tujuan Pembelajaran:

Peserta didik memahami hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem sirkulasi dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem sirkulasi manusia.

a.        Inti                                                         

1)         Berdasarkan materi yang telah di share terkait sistem sirkulasi, peserta didik menelaah dan mencermati hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem sirkulasi dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem sirkulasi manusia.

2)         Peserta didik mengerjakan tugas di lembar jawaban yang telah disediakan dalam blog Biologi Https://www.kamusbiologisma.com/.

RPP Sistem Pencernaan

Materi Pokok  : Sistem Pencernaan

Alokasi Waktu  : 2 Jam Pelajaran/ Pertemuan 1, 2, dan 3

Kompetensi Dasar

3.6 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem pencernaan dalam kaitannya dengan nutrisi, bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem pencernaan manusia.

Indikator

4.6 Menyajikan laporan hasil uji zat makanan yang terkandung dalam berbagai jenis bahan makanan dikaitkan dengan kebutuhan energi setiap individu serta teknologi pengolahan pangan dan keamanan pangan.

1.    Tujuan Pembelajaran:

Peserta didik memahami hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem pencernaan dalam kaitannya dengan nutrisi, bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem pencernaan manusia.

a.         Inti                                                         

1)        Berdasarkan materi yang telah di share terkait sistem sirkulasi , peserta didik menelaah dan mencermati hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem pencernaan dalam kaitannya dengan nutrisi, bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem pencernaan manusia.

2)         Peserta didik mengerjakan tugas di lembar jawaban yang telah disediakan dalam blog Biologi Https://www.kamusbiologisma.com/.

Respirasi

Materi Pokok : Respirasi

Alokasi Waktu : 2 Jam Pelajaran/ Pertemuan 1, 2, dan 3

Kompetensi Dasar

3.7 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem respirasi dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem respirasi manusia.

Indikator

4.7 Menyajikan hasil analisis pengaruh pencemaran udara terhadap kelainan pada struktur dan fungsi organ pernapasan manusia berdasarkan studi literatur.

4.    Tujuan Pembelajaran:

Peserta didik memahami hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem respirasi dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem respirasi manusia. 

d.        Inti                                                         

3)         Berdasarkan materi yang telah di share terkait respirasi, peserta didik menelaah dan mencermati hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem respirasi dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem respirasi manusia.

4)         Peserta didik mengerjakan tugas di lembar jawaban yang telah disediakan dalam blog Biologi Https://www.kamusbiologisma.com/.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Ekskresi

Materi Pokok : Ekskresi

Alokasi Waktu : 2 Jam Pelajaran/ Pertemuan 1, 2 dan 3

Kompetensi Dasar

3.8 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem ekskresi dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem ekskresi manusia.

Indikator

4.8 Menyajikan hasil analisis pengaruh poljenia hidup terhadap kelainan pada struktur dan fungsi organ yang meyebabkan gangguan pada sistem ekskresi serta kaitannya dengan teknologi.

1.    Tujuan Pembelajaran:

Peserta didik memahami hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem ekskresi dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem ekskresi manusia. 

a.         Inti                                                         

1)         Berdasarkan materi yang telah di share terkait ekskresi, peserta didik menelaah dan mencermati hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem ekskresi dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem ekskresi manusia.

2)         Peserta didik mengerjakan tugas di lembar jawaban yang telah disediakan dalam blog Biologi Https://www.kamusbiologisma.com/.

Itulah RPP Biologi Kelas XI Semester 1 yang bisa Anda gunakan dalam mempersiapkan tahun ajaran baru pembelajaran biologi. Semoga bermanfaat.

Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar