Skip to main content

Ciri-ciri Lili Laut Beserta Contoh Hewannya

Ciri-ciri lili laut seringkali keluar dalam ujian di sekolah, baik saat ujian PAS, PTS, maupun PAT. Lili laut sendiri merupakan hewan yang masuk dalam kelompok Crinoidea. Hewan ini memiliki ciri ciri hidup pada sistem perairan laut dangkal dan laut dalam.

Sementara banyak pertanyaan mengenai lili laut, seperti apa ciri-ciri crinoidea? Bagaimana cara lili laut bergerak? dan, apakah lili laut termasuk hewan Echinodermata? Untuk mengetahuinya, berikut kami berikan informasi mengenai hewan yang mirip dengan bunga lili ini.

kamus biologi sma

Ciri Ciri Lili Laut 

  1. Bentuk tubuh mirip seperti bunga lili.
  2. Habitat di perairan laut dengan kedalaman hingga 4000 m.
  3. Lili laut memiliki 10 buah lengan atau lebih.
  4. Panjang tangkai lengan mencapai 1 m dan beruas-ruas.
  5. Bagian kelopak (kaliks) lili laut berbentuk seperti mangkuk kecil.
  6. Regenerasi tinggi.
  7. Memiliki mulut dan anus yang terletak di permukaan oral.
  8. Reproduksi lili laut secara seksual.
  9. Memiliki sistem saluran air yang sederhana.
  10. Tidak memiliki madreporit dan ampula. 
  11. Memiliki sistem pencernaan, sistem saraf dan sistem respirasi.

Selain ciri ciri lili laut di atas, kamu juga bisa melihat ciri lainnya yang sudah dilengkap dengan soal dan jawabannya >>disini.

Apa ciri ciri crinoidea?

Ciri ciri crinoidea sama dengan ciri-ciri lili laut di atas, karena crinoidea adalah nama kelas dari lili laut. Jadi buat kamu yang ingin mengetahui ciri crinoidea, silahkan langsung lihat dan pelajari pada bagian sebelumnya.

Bagaimana cara lili laut bergerak? 

Cara lili laut bergerak adalah dengan berenang bebas ketika tangkai terlepas dan mulai membentuk kaki cengkram (cirrus). Dalam hal ini, lili laut bergerak dengan berpindah tempat dari satu objek ke objek lainnya untuk menemukan substrat atau habitat yang tepat, seperti terumbu karang.

Apakah lili laut termasuk hewan Echinodermata?

Iya, lili laut termasuk hewan Echinodermata. Lebih lepatnya, masuk dalam kelas crinoidea. Adapun kelompok lain dari filum Echinodermata antara lain, Echinoidea, Ophiuroidea, Asteroidea, dan Holothuroidea.   

Contoh Hewan Crinoidea

Salah satu contoh hewan yang paling menonjol dari Crinoidea adalah berasa dari suku Comasteridae. Crinoidea sendiri diperkirakan memiliki jumlah spesies sekitar 690 jenis (species). 

Adapun anak kelas dari Crinoidea hanya ada satu, yaitu Articulata. Sementara kelas Articulata terdiri atas 3 bangsa (ordo), 20 suku (famili), dan 169 marga. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa contoh spesies hewan Crinoidea:

  1. Ptilocrinus pinnatus
  2. Antedon bifida
  3. Antedon loveni
  4. Capillaster multiradiatus
  5. Heterometra atra
  6. Oligometra serripinna
  7. Tropiometra carinata

Akhir Kata

Banyak sekali memang yang bisa kamu pelajari dari salah satu kelas yang ada dalam kelompok Echinodermata ini. Semoga bisa membantu menjawab pertanyaan biologi kamu ya... 

Sekian penjelasan mengenai ciri-ciri lili laut beserta contoh hewannya. Jangan lupa terus untuk selalu belajar dan berdoa. Terima kasih

Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar