Skip to main content

Di dalam suatu ekosistem, jika salah satu komponen biotiknya terganggu, hal yang akan terjadi adalah

Di dalam suatu ekosistem, jika salah satu komponen biotiknya terganggu, hal yang akan terjadi adalah ....

A. tidak akan berpengaruh apapun

B. terganggunya biomassa pada piramida makanan

C. adanya komponen abiotik yang tidak berfungsi

D. terganggunya rantai makanan yang terdapat di ekosistem tersebut

E. tetap stabilnya rantai makanan pada ekosistem tersebut

kamus biologi sma

Jawaban soal biologi di atas adalah D, karena jika dalam satu rantai makanan terganggu maka ekosistem tersebut juga akan terganggu. Misalnya, saat hewan predator punah, tentu hewan yang berada di bawahnya akan melimpah jumlahnya, dan hal ini pasti akan mengganggu keseimbangan ekosistem.

Bagaimana suatu ekosistem dapat dikatakan seimbang?

Suatu ekosistem dapat dikatakan seimbang bila antara komponen biotik dan abiotik berada dalam keadaan seimbang. Artinya, keberadaan komponen tersebut cukup dan tidak terjadi kepunahan yang membuat keseimbangan terganggu.

Apa yang dimaksud dengan ekosistem?

Ekosistem adalah sistem ekologi yang terbentuk dari hubungan timbal balik antara organisme makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem ini bisa diartikan dengan satu kesatuan utuh antara unsur-unsur yang ada pada lingkungan dan makhluk hidup yang berada di lingkungan tersebut.

Bagaimana sebuah ekosistem dapat seimbang dan terjaga kelestariannya?

Sebuah ekosistem dapat seimbang dan terjaga kelestariannya jika di dalamnya terdapat produsen dengan jumlah yang lebih banyak daripada konsumen tingkai I, konsumen tingkat II, dan konsumen tingkat III. Produsen dalam ekosistem ini adalah tumbuhan atau tanaman yang notabene bisa membuat makanan dalam proses hidupnya. Membuat makanan sendiri oleh tumbuhan disebut dengan fotosintesis.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai suatu ekosistem yang jika sau komponen biotiknya terganggu. Jadi sangan penting menjaga kelestarian lingkungan ya sobat. Semoga bermanfaat.

  

Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar