Skip to main content

Dalam komponen penyusun ekosistem terdiri atas komponen abiotik dan biotik sebagai berikut

Dalam komponen penyusun ekosistem terdiri atas komponen abiotik dan biotik sebagai berikut.

  1. Bakteri
  2. Cahaya matahari
  3. Cacing
  4. Iklim
  5. Letak geografis

Pernyataan yang benar mengenai komponen abiotik di atas adalah, kecuali .....

A. 1) dan 4)

B. 2) dan 5)

C. 3) dan 5)

D. 4) dan 2)

E. 1) dan 3)

kamus biologi sma

Jawaban soal biologi di atas adalah E, karena bakteri dan cacing adalah komponen biotik. Mengapa begitu? Inilah alasannya.

Apa saja contoh abiotik?

Komponen abiotik adalah unsur-unsur tak hidup yang ada di alam. Contoh komponen abiotik antara laian: air, tanah, udara, cahaya, kelembapan, suhu, dan PH. Lebih tepatnya, komponen abiotik terdiri atas untur fisik dan kimia yang letaknya di sekitar organisme hidup.

Apa contoh dari komponen biotik?

Jika komponen abiotik itu tak hidup, maka komponen biotik sebaliknya yaitu semua yang hidup. Komponen biotik antara lain: hewan, tumbuhan paku, tumbuhan berbiji, bakteri, ganggang, lumut, padi, sapi, kerbau, dan semua organisme yang hidup.

Adapun berdasarkan fungsinya, komponen biotik meliputi produsen, konsumen, dan pengurai atau detrivitor. Produsen ini seperti tumbuhan, konsumen adalah jenis hewan, dan pengurai contohnya adalah bakteri.

Sebutkan 3 contoh komponen abiotik dan jelaskan apa peranannya?

3 contoh komponen abiotik dan perannya adalah sebagai berikut:

  1. Tanah, berperan sebagai media tanam untuk tumbuhan.
  2. Air, memiliki peran sebagai sumber air minum. 
  3. Udara, berperan untuk pernapasan makhluk hidup.

Apa saja yang dimaksud dengan komponen abiotik?

Seperti dijelaskan pada bagian atas, komponen abiotik adalah istilah yang digunakan untuk menyebutkan segala sesuatu yang tak hidup. Artinya, abiotik merupakan komponen dalam ekosistem yang berisi tetang sesuatu tak hidup yang hidup di sekitar organisme.

Apakah tanaman termasuk abiotik?

Bukan, karena tanaman termasuk komponen biotik. Sedangkan komponen abiotik contohnya adalah tanah, udara, air, cahaya, dan segala sesuatu yang tak hidup. Jadi tanaman atau yang dalam bahasa kamus biologi disebut plantae merupakan komponen biotik.

Apa saja ciri ciri komponen biotik?

Jika kamu mendapatkan pertanyaan seperti itu, maka jawaban dari ciri ciri komponen abiotik adalah bernapas, bergerak, berkembang biak atau mampu melakukan reproduksi, dan tumbuh. Namun, jika itu komponen abiotik, tentu jawabannya adalah sebaliknya.

Penutup

Itulah pembahasan mengenai komponen biotik dan abiotik. Semoga bisa menjawab pertanyaan kamu dalam menyelesaikan soal-soal IPA Biologi. Tetap semangat belajar, dan jangan lupa untuk selalu berdoa. Semoga sukses 
Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar