Skip to main content

Ciri-ciri Echinodermata dalam Pelajaran Biologi Beserta Contoh Hewannya

Ciri-ciri Echinodermata dalam pelajaran biologi sering kali keluar dalam ujian, baik saat ulangan harian, PTS, PAS, UTBK SBMPTN, maupun latihan-latihan soal oleh guru. Untuk mempelajari echinodermata tidaklah sulit, karena hewan ini sering kamu temui saat bermain di pantai. 

Selain itu, peran echinodermata bagi manusia juga banyak. Karena beberapa spesies bisa dikonsumsi, seperti teripang kelas Holothuroidea. Karenanya kami akan menyajikan secara lengkap ciri ciri echinodermata dan contohnya, habitat echinodermata, struktur tubuh echinodermata, simetri tubuh echinodermata, sistem pencernaan echinodermata, reproduksi echinodermata.

kamus biologi sma

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut kami sajikan ciri-ciri umum dari hewan echinodermata agar kamu mudah memahaminya. Simak yuk dibawah ini!

Ciri-ciri Echinodermata 

  • Echinodermata habitatnya di perairan laut
  • Bergerak lambat, bahkan ada yang hidupnya menempel (sesil) pada terumbu karang
  • Struktur tubuh echinodermata ada 3 lapisan, yaitu ektoderm, mesoderm, dan endoderm
  • Bentuk tubuh simetri radial dan simetri bilateral saat masih dalam bentuk larva
  • Tidak mempunyai sistem ekskresi pada tubuhnya
  • Reproduksi echinodermata terjadi secara seksual
  • Bergerak dengan kaki ambulakral
  • Tidak terdapat bagian kepala dan tubuh layaknya hewan lainnya, tapi sumbu oral dan aboral
  • Pada bagian mulut berada pada sisi ventral, sementara bagian anus berada pada sisi dorsal
  • Sistem pencernaan echinodermata sempurna, kecuali pada pada kelas Asteroidea yang tidak terdapat anus dalam tubuhnya.

Peran Echinodermata bagi Manusia dan Lingkungan

Echinodermata memiliki peran penting bagi manusia dan lingkungan sekitarnya. Misalnya, bagi manusia sebagai sumber makanan dan obat-obatan. Sedangkan bagi lingkungan, peran echinodermata sebagai penjaga ekosistem laut dari tumpukan sampah dan limbah (detritivor).

Tidak hanya itu, beberapa jenis hewan echinodermata juga memiliki nilai estetika sehingga bisa kamu gunakan sebagai hiasan mapun koleksi hewan laut yang menakjubkan. Agar lebih jelas berikut ringkasan peran echinodermata bagi manusia dan lingkungannya:

  • Mentimun laut bermanfaat bagi kesehatan seperti sistem kekebalan tubuh dan bisa menurunkan tekanan darah. Selain itu juga memiliki nilai ekonomis bagi masyarakat.
  • Landak laut sebagai bahan baku obat-obatan.
  • Lili laut sebagai hiasan yang indah.
  • Bintang ular atau Ophiuroidea berperan dalam fungsi ekologis pada sistem perairan laut. 

Apa saja klasifikasi Echinodermata?

Dalam klasifikasi echinodermata terbagi menjadi 5 kelas, yaitu Asteroidea, Ophiuroidea, Echinoidea, Crinoidea, dan Holothuroidea. Echinodermata sendiri berada dalam kerajaan atau kingdom animalia, sementara pada urutan sistem klasifikasinya yaitu filum.

Adapun untuk jumlah spesies echinodermata pada beberapa referensi menyebutkan ada yang berjumlah 6ribu spesies dan 7ribu spesies. Keberadaannya terbilang banyak dan berada pada urutan kedua setelah filum chordata.

Bagaimana simetri tubuh Echinodermata?

Simetri tubuh Echinodermata umumnya simetri radial ketika dewasa. Namun, saat masih dalam bentuk larva yang berenang bebas di air bentuknya simetri bilateral.

Untuk simetri radial bentuknya beragam, ada yang bulat seperti bola. Kemudian ada yang pipih memanjang, lalu ada yang seperti tumbuhan.

Penutup

Demikian ciri-ciri Echinodermata dalam pelajaran biologi beserta contoh hewannya. Semoga bisa memudahkan kamu saat belajar bab hewan atau animalia.

Sekian informasi hari ini, selamat belajar! Semoga lancar dan mudah memahami pelajaran biologi.

Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar