Skip to main content

Soal dan Pembahasan Sistem Pertahanan Tubuh

Yuk, belajar soal biologi bab sistem pertahanan tubuh! Ada beberapa soal dan pembahasan yang kamusbiologisma berikan untuk kamu semua. Penasaran, kita mulai satu per satu berikut ini.

Soal pertama; Mekanisme penelanan benda-benda asing terutama mikroba oleh sel-sel darah putih disebut dengan....

Jawabannya adalah fagositosis. Yap, melalui fagositosis ini terjadi proses penyingkiran atau memakan benda asing oleh leukosit (sel darah putih). Adapun fungsi leukosit untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit yang menyerang.

Lalu soal apalagi terkait sistem pertahanan tubuh yang bisa kamu dapatkan hari ini. Scroll terus kalo ingin belajar lebih dalam.

Soal Sistem Pertahanan Tubuh (Imun)

Sistem Imun

  1. Pertahanan tubuh nonspesifik yang paling utama adalah....
  2. Tanggapan terhadap masuknya patogen ke dalam tubuh yang tanda-tandanya ada kemerahan, bengkak, dan rasa nyeri adalah....
  3. Indikator bahwa tubuh kamu sedang melawan infeksi adalah dengan meningkatnya....

 Jawaban dan pembahasan

1. Soal nomor 1 jawabannya adalah kulit. Selain kulit pertahanan nonospesifik ada membran mukosa, rambut hidung dan silia trakea. 

2. Peradangan jawaban yang paling tepat, mengapa? Karena peradangan adalah respon alami tubuh terhadap cedera atau penyakit yang berasal dari sistem imun.

3. Jawaban yang tepat adalah limfosit B dan limfosit T. Peran limfosit B membentuk anti bodi, sedangkan limfosit T meningkat dapat membuat kekebalan seluler.

Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar