Skip to main content

Apakah yang Dimaksud dengan Antigen? Soal Sistem Imun

Sesuai judul, apakah yang dimaksud dengan antigen? Soal biologi yang terdapat pada bab sistem pertahanan tubuh ini kerap keluar dalam ujian, baik itu PTS, UAS, maupun ulangan harian yang di adakan oleh guru biologi.

Lantas apa sih jawaban soal tersebut, dan mengapa antigen penting bagi sistem kekebalan tubuh? Sebelum membahasnya, ketahui apa itu antigen dan peranannya dalam sistem imun sebagai berikut.

Apakah yang Dimaksud dengan Antigen

Apa itu Antigen?

Menurut alodokter.com, Antigen adalah zat yang dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan antibodi sebagai bentuk perlawanan. Antigen ini bisa berbentuk bakteri, virus dan bahan kimia tertentu.

Dalam arti lain, antigen merupakan benda-benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Antigen ini mampu menghasilkan antibodi yang spesifik.

Seperti diketahui sistem imun spesifik adalah sistem yang dapat mengenali substansi asing yang masuk ke dalam tubuh. Kemudian sistem ini bisa memacu perkembangan respon imun yang spesifik terhadap substansi tersebut.

Contoh Antigen

Berikut ini merupakan contoh dari antigen, yang antara lain:

  1. Contoh pertama adalah bakteri. Bakteri ada yang menguntungkan tapi ada juga yang merugikan. Bakteri adalah organisme uniseluler dan prokariot, serta umumnya tidak memiliki klorofil dan berukuran renik.
  2. Kemudian ada virus.
  3. Terus sel darah asing.
  4. Selanjutnya sel-sel dari transplantasi organ.
  5. Terakhir, toksin

Demikian penjelasan mengenai antigen. Selamat belajar dan semoga sukses selalu.

Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar