Skip to main content

30 Soal Essay Biologi dalam Bentuk Paragraf Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Hewan

Soal essay biologi ini dibuat dalam bentuk paragraf dengan jumlah soal 30. Untuk materinya seputar struktur dan fungsi jaringan hewan. Materi jaringan hewan ini ada pada kelas XI SMA/SMK/MA.

Untuk menjawab soal biologi bentuk paragraf, silahkan lihat soal essay berikut ini. Perintahnya, isilah titik-titik yang ada pada paragraf dengan benar dan lengkap!

Kamus Biologi Online

Jaringan adalah....……(1) Berdasarkan perkembangannya, jaringan tumbuhan dibedakan menjadi jaringan............(2) yang selalu bersifat embrional sehingga selalu aktif membelah dan jaringan...........(3) yang telah mengalami..............(4). Berdasarkan sifat dasar sel atau asalnya, jaringan meristem dibagi menjadi 2 yaitu meristem……………..(5) yang menyebabkan pertambahan tinggi atau panjang pada akar dan batang serta meristem……………(6) yang menyebabkan pertambahan………….(7),contohnya kambium.

Jaringan dewasa pada tumbuhan meliputi jaringan epidermis, parenkim,........(8)., ...........(9) dan ……………(10). Jaringan epidermis berfungsi sebagai................(11)dengan ciri-ciri selnya yaitu………………(12). Jaringan parenkim pada tanaman berair yang memiliki vakuola tengah besar untuk menyimpan udara disebut………….(13). Jaringan pengangkut dibedakan menjadi jaringan xylem yang berfungsi untuk…………(14)dan jaringan floem yang berfungsi untuk……….(15)

Jaringan epitel  dapat dikelompokkan menjadi beberapa kelompok. Berdasarkan bentuk sel penyusunnya , terdapat epitel pipih, epitel……........…….(16), epitel………......……..(17)dan epitel……………........(18). Sedangkan berdasarkan jumlah sel penyusunnya, epitel dibedakan menjadi epitel…………(19) ,epitel………(20) dan epitel…………(21). Epitel silindris berlapis tunggal dapat dijumpai di saluran pencernaan yang berperan dalam proses…………(22).Pada permukaan dalam dinding mulut terdapat epitel…………………(23)yang berfungsi……………………(24)

Jaringan ikat atau jaringan penyambunng merupakan jaringan yang menghubungkan jaringan atau organ yang satu dengan jaringan atau organ yang lain. Jaringan ikat tersusun atas beberapa komponen yaitu……………(25).,……………(26)dan…………………..(27). Menurut macamnya jaringan ikat dibedakan menjadi jaringan ikat biasa, jaringan ikat…………….(28),jaringan ikat…………….(29) dan jaringan ikat penyokong yang berfungsi untuk...................(30)

Itulah soal essay biologi bentuk paragraf. Selamat mengerjakan dan semoga bisa membantu memahami pelajaran biologi dengan mudah dan cepat.
Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar