Skip to main content

Rangkuman Materi Biologi Kelas 11 Lengkap Bab Ekskresi

Rangkuman materi biologi kelas 11 lengkap bab ekskresi pada manusia adalah, sebuah rangkuman belajar biologi bab ekskresi yang tersusun dengan rapi dan sistematis. Materi ekskresi ini dapat kamu temukan pada kelas 11 SMA/SMK/MA.

Dalam kamusbiologisma.com juga dapat kamu pelajari soal dan pembahasan biologi lengkap dengan materi singkatnya. Tujuannya agar memudahkan pelajar dalam mempersiapkan berbagai ujian biologi, baik itu ketika ujian PTS, PAT, maupun UTBK. 

Kamus Biologi SMA

Apalagi sekarang sudah masuk kurikulum merdeka yang pastinya sedikit banyak ada perbedaaan dengan kurikulum 2013. Tapi tenang, jangan khawatir, karena rangkuman materi biologi bab ekskresi sudah kami sesuaikan. 

Nah, supaya lebih mudah, berikut kami berikan langsung materi biologi bab ekskresi pada manusia untuk kelas 11. Lebih jelasnya, scroll terus halaman sampai ke bawah.

Tujuan Pembelajaran Bab Ekskresi

Pada materi ekskresi ini memiliki beberapa tujuan pembelajaran. Tujuan pertama, peserta didik memahami hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem ekskresi dalam kaitannya dengan bioproses.

Kemudian tujuan pembelajaran kedua, peserta didik dapat memahami juga gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem ekskresi manusia. Misalnya beberapa penyakit yang terjadi akibat gangguan sistem ekskresi, seperti batu ginjal, kanker paru-paru, wasir, jerawat dan penyakit ekskresi lainnya. 

Indikator Pencapaian Kompetensi

  1. Mengidentifikasi struktur dan fungsi sistem ekskresi.
  2. Menjelaskan proses-proses ekskresi yang terjadi baik pada hewan maupun manusia.
  3. Menyajikan hasil analisis tentang kelainan pada struktur dan fungsi organ yang menyebabkan gangguan sistem ekskresi manusia melalui berbagi bentuk media presentasi.

Rangkuman Materi Ajar Ekskresi

Berikut ini rangkuman materi ajar biologi bab ekskresi pada manusia, antara lain adalah:

  1. Sistem ekskresi merupakan sistem pembuangan zat-zat sisa metabolisme dalam tubuh makhluk hidup yang tidak berguna.
  2. Organ pada sistem eksresi antara lain ginjal, hati, kulit dan paru-paru.
  3. Kulit memiliki fungsi sebagai alat ekskresi yang mengeluarkan lemak dan keringat. Adapun kandungannya yaitu air, garam, urea, hingga ion-ion.
  4. Paru-paru berfungsi mengeluarkan karbon dioksida (CO2) dan uap air (H2O) yang prosesnya berasal dari respirasi.
  5. Hati atau hepar bertugas memecah beberapa senyawa yang bersifat racun (detoxifikasi), dan menghasilkan amonia, urea, dan asam urat yang akan dikeluarkan melalui saluran urine.
  6. Ginjal (ren) memiliki bentuk seperti biji buah kacang merah (kara/ercis). Ginjal ini terletak pada bagian kanan dan kiri tulang pinggang yang berfungsi dalam pembentukan urine. 

Itulah penjelasan rangkuman materi biologi kelas 11 lengkap bab ekskresi yang bisa kamusbiologisma.com berikan kali ini. Tetap semangat dan jangan lupa berdoa sebelum belajar. Terima kasih dan sukses selalu. 

Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar