Skip to main content

Tempat Interaksi Antara Makhluk Hidup dan Lingkungan Abiotik

Tempat dimana interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan abiotik yang terdapat di tempat itu, disebut ....

A. Populasi

B. Individu

C. Komunitas

D. Ekosistem

E. Biosfer

Jawaban soal biologi di atas adalah D. Ingin tahu kenapa? simak pembahasannya sebagai berikut.

Pengertian Ekosistem

Ekosistem adalah sistem ekologi yang terbentuk dari adanya hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Arti lingkungan dalam pengertian ekosistem disini merupakan komponen-komponen abiotik.

kamus biologi sma

Komponen abiotik antara lain, tanah, udara, air, PH, suhu, dan segala sesuatu yang tak hidup. Gimana? Sudah jelas sampai sini.

Nah, lalu apa itu individu, populasi, komunitas dan biosfer. Semua itu adalah bagian dari sistem ekologi dengan pengertiannya masing-masing. Misalnya, spesies yang artinya kumpulan dari sistem organ yang membentuk individu.

Sedangkan komunitas adalah kumpulan individu yang mendiami suatu wilayah atau habitat yang sama. Kemudian biosfer lebih pada menjelaskan mengenai lapisan atas, yakni atmosfer, dll.

FAQ

Jelaskan apa yang dimaksud dengan ekosistem?

Ekosistem adalah sistem ekologi alam yang terbentuk dari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem bisa diartikan sebagai satu kesatuan tatanan utuh antara komponen biotik dan abiotik dalam suatu wilayah tertentu, bahkan bisa antar negara. 

Apa saja jenis jenis ekosistem?

Jenis-jenis ekosistem terbagi menjadi dua macam, yaitu ekosistem alami dan ekosistem buatan. Untuk ekosistem alami antara lain ekosistem laut, ekosistem pantai, dan ekosistem tanpa campur tangan manusia. Sedangkan ekosistem buatan misalnya, waduk, sawah, kolam, kebun binatang, dan lain sebagainya.  

Itulah penjelasan mengenai tempat dimana interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan abiotik. Sekian dan semoga bermanfaat.

Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar