Skip to main content

Soal dan Pembahasan Biologi Materi Populasi, Komunitas, Ekosistem

Soal dan pembahasan biologi materi populasi, komunitas, ekosistem kami bahas agar peserta didik lebih mudah saat belajar pelajaran IPA. Apalagi kini ragam soal bervariasi, mulai dari soal PTS, PAT, hingga soal UTBK Saintek dengan tingkat kesulitan yang pastinya semakin menantang untuk dipelajari. 

Nah, agar lebih mudah saat belajar populasi, komunitas, dan ekosistem. Inilah soal dan pembahasannya, simak yuk! 

Soal dan Pembahasan Biologi

kamus biologi sma

Jenis soal dan pembahasan biologi tentang populasi, komunitas, dan ekosistem dapat kamu lihat pada contoh soal sebagai berikut:

Soal

Di suatu padang rumput, terdapat sekumpulan sapi, rumput, pohon jambu, semut, dan seorang penggembala. Sekumpulan sapi di padang rumput tersebut merupakan ….

A. spesies

B. populasi

C. komunitas

D. ekosistem

E. biosfer

Jawaban soal biologi di atas adalah B, yaitu populasi. Hayo mengapa populasi? Inilah pembahasannya!

Pembahasan

Populasi adalah kumpulan individu atau spesies yang sama pada suatu area yang sama pula. Hal ini seperti dilansir situs Britannica yang berjudul Population yakni populasi, dalam biologi manusia, seluruh jumlah penduduk yang menempati suatu area (seperti negara atau dunia) dan terus-menerus diubah oleh peningkatan (kelahiran dan imigrasi) dan kehilangan (kematian dan emigrasi).  

Berbeda hal nya dengan komunitas, ekosistem, dan biosfer. Komunitas adalah kumpulan populasi, kemudian ekosistem lebih komplek lagi yang di dalamnya ada unsur biotik dan abiotik. Sedangkan biosfer lebih menjelaskan tentang lapisan atmosfer bumi.

Jadi jika soal biologi menyebutkan tentang sekumpulan spesies, maka jawaban yang paling tepat adalah populasi. Mudah, kan! 

Itulah soal dan pembahasan tentang populasi, komunitas, dan ekosistem. Pelajari juga kumpulan soal biologi dalam kamusbiologisma.com. Semoga bermanfaat. Amin 

Referensi: Population, Britannica (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 29 Mei 2022.

Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar