Skip to main content

Pada peristiwa rantai makanan dan jaring makanan terjadi

Pada peristiwa rantai makanan dan jaring makanan terjadi ….

A. daur biomassa

B. aliran massa

C. proses biomagnifikasi

D. bioakumulasi

E. aliran energi

Jawaban soal biologi di atas adalah E. Lalu apa alasannya? Begini penjelasan soal tentang rantai makanan dan jaring makanan.

Rantai Makanan

kamus biologi sma

Rantai makanan adalah peristiwa makan dimakan antara makhluk hidup yang satu dengan yang lain dalam satu urutan tertentu. Contohnya, elang sebagai predator akan memakan ular, kemudian ular memakan tikus, dan tikus memakan tanaman padi.

Dalam suatu rantai makanan tersebut, secara berurutan memiliki tingkat trofik. Misalnya tumbuhan sebagai produsen dalam ekosistem. Selanjutnya hewan tikus sebagai konsumen primer yang berada pada tingkat trofik I.

Sedangkan untuk tingkat trofik II dimiliki oleh ular sebagai konsumen sekunder dalam ekosistem. Terakhir, rantai makanan trofik III adalah burung elang, di mana elang sebagai pemuncak dari tingkatan trofik pada urutan rantai makanan.

Jaring-jaring Makanan

Jaring-jaring makanan adalah kumpulan dari rantai makanan dalam suatu ekosistem. Dalam arti lain, jaring makanan ini lebih komplek daripada rantai makanan.

Adapun rantai makanan dan jaring-jaring makanan terjadi peristiwa aliran energi. Itulah yang membuat soal di atas, jawabannya adalah aliran energi, karena terjadi perpindahan saat proses makan memakan antara spesies dalam ekosistem tertentu.

Akhir Kata

Demikian penjelasan soal mengenai rantai makanan dan soal jaring-jaring makanan yang berujung pada jawaban aliran energi. Jika ada yang kurang jelas, silahkan tulis pertanyaan kamu pada kolom pesan komentar. Sekian dan terima kasih.  

Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar