Skip to main content

Ciri-ciri Echinoidea Lengkap dengan Soal dan Pembahasannya

Ciri-ciri Echinodea bisa dengan mudah Anda temukan pada bagian tubuhnya yang berbentuk bulat seperti bola. Meski ada pula yang bentuknya pipih bundar. Nama lain dari echinoidea yaitu bulu babi atau landak laut.

Lalu, apa yg dimaksud dengan Echinoidea, ciri-ciri landak laut, peranan bulu babi dan juga manfaat landak laut bagi manusia. Untuk membahas bab animalia ini, bisa Anda lihat berikut ini.

kamus biologi sma

Apa yang dimaksud dengan Echinoidea?

Echinodea adalah hewan dari kelompok Echinodermata. Hewan ini berbentuk bulat dan bagian permukaan tubuhnya memiliki duri. Selain itu, Echinoidea (bulu babi) hidup pada ekosistem pasang surut pantai, dan bahkan bisa hidup pada kedalaman 5ribu meter di dasar laut.

Ciri-ciri Echinoidea

Berikut adalah ciri Echinoidea yang bisa kamu temukan dalam buku-buku biologi, antara lain:

  1. Echinoidea berbentuk bulat
  2. Umumnya memiliki duri
  3. Beberapa spesies Echinoidea mengandung racun pada bagian durinya
  4. Pada bagian duri terdapat pediselaria
  5. Sistem pencernaan bulu babi lengkap
  6. Pada bagian mulut terdapat gigi yang tajam dan kuat
  7. Makanan echinoidea adalah ganggang, organisme kecil, bangkai, sisa-sisa bahan organik
  8. Reproduksi secara generatif
  9. Usia landak laut bisa mencapai 30 tahun

Peranan Echinoidea

Hewan Echinoidea memiliki peranan bagi ekosistem laut. Karena hewan ini bisa menjadi tempat bersembunyi ikan-ikan tertentu. Tidak hanya itu, echinoide juga bermanfaat secara ekonomis, sebab dapat dikonsumsi.

Meskipun begitu, hati-hati dengan bulu babi tertentu yang pada bagian tubuhnya terdapat duri beracun. Jadi jangan sembarangan mengonsumsinya. 

Soal dan Pembahasan 

Echinodermata yang berbentuk bulat, tubuh memiliki duri, dan banyak terdapat pada perairan pasang-surut air laut adalah ....

A. Asteroidea

B. Echinoidea

C. Holothuroidea

D. Crinoidea

E. Ophiuroidea

Melihat soal echinodermata, maka jawabannya adalah B. Echinoide. Alasannya, sesuai dengan ciri-ciri bulu babi (Echinoidea) yaitu bentuk bulat, tubuh berduri, dan hidup di dasar laut.

Akhir Kata

Sekian penjelasan mengenai ciri-ciri Echinoidea lengkap dengan soal dan pembahasannya. Semoga bisa membantu Anda dalam mempelajari pelajaran biologi.

Sebagai tambahan: Tips terkena duri bulu babi. Pertama, ketok kulit yang terkena duri echinoidea dengan kayu atau batu sampai durinya hancur di dalam. Kedua, Anda bisa mengencingi bagian kulit yang terkena duri bulu babi. Selamat mencoba. 

Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar