Skip to main content

Berikut ini merupakan tumbuhan paku yang dapat dimanfaatkan sebagai media untuk menanam anggrek

Berikut ini merupakan tumbuhan paku yang dapat dimanfaatkan sebagai media untuk menanam anggrek adalah ....

A. Platycerium bifurcatum

B. Alsophila glauca

C. Asplenium nidus

D. Selaginella wildenowii

E. Lycopodium clavatum

kamus biologi sma

Melihat soal biologi mengenai tumbuhan paku di atas, tentu jawaban paling tepat adalah Alsophila glauca. Alasannya kenapa? Begini penjelasannya. Kamu juga bisa pelajari kumpulan soal biologi

Apa yang dimaksud dengan Alsophila glauca?

Alsophila glauca adalah bagian dari suku Cyatheaceae yang terkenal dengan nama tumbuhan paku pohon. Karena paku ini berbentuk mirip dengan pohon dan biasanya dimanfaatkan sebagai media tanam untuk anggrek.

Selain itu, paku pohon ini juga banyak dibudidayakan untuk tanaman hias, sebab bentuknya yang indah dan menarik. Bahkan, Alsophila glauca juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan bangunan karena batangnya yang kuat.

Tidak hanya itu, tumbuhan paku ini juga bermanfaat sebagai bahan bakar kayu, sehingga banyak masyarakat terutama di pedesaan yang memanfaatkannya.

Pembahasan Soal Tumbuhan Paku

Saat kamu mendapatkan soal pilihan ganda tentang tumbuhan paku, terutama mengenai Alsophila glauca. Tentu banyak pengecoh, seperti soal pada bagian atas.

Coba lihat soal yang A, di mana seharusnya jika itu tumbuhan paku maka spesiesnya adalah Polypodium contaminans, bukan Platycerium bifurcatum. Hal ini juga bisa saja menggunakan pengecoh lain seperti Alsophila contaminans, Alsophila acuta, Alsophila smithiana, Alsophila clementis, yang bagian akhirnya diganti oleh sang pembuat soal.

Intinya, kamu harus tahu bahwa tumbuhan paku yang mirip pohon adalah sebagai berikut:

  • Polypodium contaminans
  • Alsophila glauca 
  • Alsophila contaminans
  • Alsophila acuta
  • Alsophila smithiana
  • Alsophila clementis

Tapi ingat ya, penulisan nama ilmiah harusnya miring seperti ini Alsophila glauca. Jika tidak maka jawabannya bisa salah.

Penutup

Sekian penjelasan singkat mengenai tumbuhan paku sebagai media untuk menanam anggrek. Semoga bisa semakin memperjelas jawaban dari pertanyaan soal biologi. 

Jika ingin pengetahuan lain tentang tumbuhan paku, silahkan buka link Metagenesis Tumbuhan Paku Lengkap dengan Soal dan Pembahasannya. Jangan lupa, semangat terus belajarnya...

Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar