Skip to main content

Contoh Soal Metode Ilmiah Biologi dan Pembahasannya

Contoh soal metode ilmiah biologi bisa Anda temui pada buku-buku biologi, terutama di kelas X SMA/SMK/MA. Ragam jenis soal yang ditampilkan setiap semester bias saja berbeda, tapi tidak menutup kemungkinan ada beberapa soal biologi kelas 10 yang sama.

Memang beberapa contoh soal essay tentang metode ilmiah sulit bagi siswa. Apalagi soal uts metode ilmiah yang pastinya bisa membuat siswa bingung saat mengerjakannya, terutama bagi mereka yang tidak belajar. 

kamus biologi sma

Karena itulah, kamusbiologisma memberikan contoh pertanyaan tentang metode ilmiah, lengkap dengan pembahasannya. Untuk melihatnya, simak yuk di bawah ini.

Contoh Soal Metode Ilmiah Biologi

Beras merupakan makanan pokok yang dikonsumsi sebagian besar orang Indonesia. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa konsumen pada umumnya mencari dan membeli beras yang putih dan bersih. Hasil sidak petugas BPOM menemukan beras yang mengandung zat pengawet, seperti formalin, boraks, dan zat pemutih seperti klorin. Hal ini tentu sangat merugikan konsumen dari segi kesehatan dan kualitas beras. Manakan langkah metode ilmiah yang dapat dilakukan konsumen untuk mengetahui kandungan zat pemutih pada beras?

A. Mengumpulkan sejumlah fakta dari berbagai sumber terpercaya, tentang bahayanya mengonsumsi beras yang mengandung zat pemutih. 

B. Melakukan eksperimen dengan menggunakan mesin penggiling untuk mengetahui kandungan zat pemutih pada beras.

C. Membuat hipotesis tentang pengaruh penggunaan zat pemutih, seperti klorin dalam beras yang dapat membahayakan tubuh manusia.

E. Melakukan eksperimen untuk membuktikan kandungan zat pemutih pada beras dengan menggunakan iodine.

F. Menyediakan alat pendeteksi untuk membuktikan adanya kandungan zat pemutih pada beras di rumah masing-masing.

Soal tersebut diambil dari situs website robo guru.

Pembahasan Soal Biologi

Berdasarkan soal biologi mengenai metode ilmiah untuk mengetahui kandungan zat pemutih pada beras, maka jawabannya adalah D. Mengapa demikian?

Hal tersebut tentu tidak lepas dari faktor eksperimen atau pembuktian ilmiah dengan melakukan percobaan. Eksperimen sendiri adalah bagian dari metode ilmiah yang bertujuan untuk menguji hipotesis. Sementara hipotesis dalam penelitian disebut dengan dugaan sementara.

Langkah-langkah Metode Ilmiah

Tidak hanya soal biologi dan pembahasannya saja. Namun, kamusbiologisma juga akan menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah. Apa sajakah langkah-langkahnya?

  1. Penemukan dan merumuskan masalah
  2. Mengumpulkan informasi
  3. Menyusun hipotesis
  4. Melakukan percobaan (eksperimen)
  5. Mengolah data
  6. Membuat kesimpulan
  7. Mengomunikasikan dengan khalayak luas

Kesimpulan

Saat Anda melihat soal biologi di atas, maka jawaban atas pengujian beras dengan berbagai macam hasilnya. Maka pihak terkait akan melakukan pengujian dengan cara eksperimen. 

Sekian penjelasan dari kami, semoga bisa membantu Anda dalam menjawab soal biologi. Jangan lupa lihat kumpulan soal dan pembahasan biologi lainnya >>di sini

Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar