Skip to main content

Ciri-ciri Tumbuhan Spermatophyta | Soal dan Pembahasan SMA Kelas X

Tumbuhan spermatophyta adalah tumbuhan yang memiliki biji, atau disebut juga dengan tumbuhan berbiji. Spermatophyta ini termasuk salah satu materi wajib yang ada di SMA kelas X. Sementara untuk BAB nya ada di kingdom Plantae.

Seperti diketahui, kingdom atau kerajan mahkluk hidup dalam versi biologi SMA dibagi menjadi 6, yakni Plantae, Animalia, Eubakteria, Archaebakteria, Protista, dan Fungi.

Pada pembahasan kali ini, Kamus Biologi akan menyajikan soal terkait spermatophyta lengkap dengan jawabannya. Ok, tidak berlama-lama, simak yuk dibawah ini! 

Soal dan pembahasan tumbuhan spermatophyta  

Ada banyak soal terkait tumbuhan spermatophyta, ada yang jumlahnya 10 soal, 20 soal, 50 soal, dan bahkan 100 soal atau lebih.

Namun, saat ini akan dibahas satu soal dan pembahasan saja terkait tumbuhan spermatophyta. Sedikit asal mengena, bukan begitu bapak ibu guru! Baiklah, silahkan baca soal dengan scroll halaman ke bawah. 

Berikut ini adalah ciri-ciri dari tumbuhan spermatophyta :

1) Akar serabut

2) Batang bercabang

3) Batang berkambium

4) Tulang daun menjari

5) Biji tidak berbelah

6) Bunga kelipatan 3

Ciri tumbuhan monokotil yang tepat adalah…

A. 2, 3, dan 5

B. 1, 5, dan 6

C. 1, 2, dan 4

D. 1, 4, dan 5

E. 4, 5, dan 6

Dari soal di atas, jelas terlihat pembuat soal sedang memberikan jebakan betmen untuk para siswanya. Akan tetapi sesunguhnya itu bagus buat mengasah nalar anak.

Lalu apa sih jawabannya? Jelas, 1,4, dan 5

Mengapa begitu?

Begini pembahasannya! Pertama, ketahui terlebih dahulu ciri-ciri tumbuhan monokotil, yakni : biji berkeping dua; batang bercabang; tulang daun menyirip; perhiasan bunga berjumlah 4,5 atau kelipatannya.

Sedangkan, tumbuhan dikotil memiliki ciri-ciri, yaitu akar tunggang, pembuahan ganda, mempunyai kambium.

Nah, demikian penjelasan singkat soal dan pembahasan dari tumbuhan spermatophyta. Jika ada yang kurang jelas, bisa kirim komentar pada kolom yang ada di bawah ini. Selamat belajar.



Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar