Skip to main content

Tumbuhan Paku Peralihan antara Paku Homospor dengan Paku Heterospor | Soal Pembahasan Plantae

Membahas mengenai tumbuhan paku pada siswa SMA kelas X (sepuluh) tidaklah rumit. Kamus Biologi akan menjelaskan teknik mudah dan sederhana, lengkap dengan soal dan pembahasannya. 

Seperti diketahui, tumbuhan paku dalam sitem kerajaan besar makhluk hidup masuk dalam kingdom Plantae. Kingdom plantae sendiri dibagi menjadi 2 (dua), yaitu tumbuhan dengan spora dan tumbuhan dengan biji.

Nah, tumbuhan paku ini termasuk dalam tumbuhan berspora. Lebih jelasnya mengenai tumbuhan paku, simak yuk di bawah ini.

kamusbiologisma

Mengenal Tumbuhan Paku

Tumbuhan paku memiliki nama ilmiah Pteridophyta. Dibandingkan dengan tumbuhan lumut, tumbuhan paku terbilang stukturnya lebih lengkap. Di mana tumbuhan paku sudah memiliki akar, batang, dan daun sejati.

Meskipun begitu, tumbuhan ini masih menggunakan spora dalam perkembangbiakannya. Karena itu tumbuhan paku disebut dengan tumbuhan kormus.

Jenis Tumbuhan Paku

Dalam klasifikasi tumbuhan paku, ada 4 jenis tumbuhan paku yang perlu Anda ketahui, yaitu : 

1. Tumbuhan paku purba (Psilophyta)

2. Tumbuhan paku kawat (Lycophyta)

3. Tumbuhan paku ekor kuda (Sphenophyta)

4. Tumbuhan paku sejati pterophyta 

Masing-masing jenis tumbuhan paku di atas memiliki perbedaan masing-masing. Misalnya, tumbuhan paku purba yang salah satu cirinya memiliki struktur batang sederhana. Kemudian, tumbuhan paku kawat yang ciri batangnya seperti kawat.

Sedangkan paku ekor kuda memiliki bentuk batang yang menyerupai ekor kuda. Terakhir, paku sejati yang memiliki bentuk batang tegak.

Paku paku apa yang bisa di makan?  

Tumbuhan paku ada yang bisa di makan, loh? Rasanya juga nikmat saat di santap. Pasti bikin kamu ketagian.

Lalu nama tumbuhan paku apa yang bisa di makan? Jawabannya, pakis burung unta. Lebih jelasnya lihat pada gambar di bawah ini!

kamus biologi sma

Tumbuhan Paku Peralihan antara Paku Homospor dengan Paku Heterospor

Sebelum membahas tumbuhan paku peralihan antara paku homospor dengan paku heterospor. Terlebih dahulu ketahui jenis tumbuhan paku berdasarkan bentuk sporanya, yaitu :

1. Paku homospora 

2. Paku heterospora 

3. Paku peralihan 

Tumbuhan paku homospor artinya tumbuhan paku yang mampu menghasilkan jenis dan ukuran spora yang sama. Sementara tumbuhan paku heterospora mampu menghasilkan jenis dan ukuran spora yang berbeda. 

Kemudian tumbuhan paku yang menghasilkan ukuran spora yang sama, tapi jenisnya tidak sama disebut dengan tumbuhan paku peralihan. 

Soal dan Pembahasan Tumbuhan Paku

Setelah memahami apa itu tumbuhan paku homospora, heterospora dan peralihan, berikut adalah contoh soal dan pembahasannya. 

Tumbuhan paku yang merupakan bentuk peralihan antara paku homospor dengan paku heterospor yaitu...

A. Lycopodium sp.

B. Selaginella

C. Marsilea crenata

D. Equisetum debile

E. Adiantum cuneatum

Jawabannya adalah D, karena Equisetum debile merupakan tumbuhan paku yang menghasilkan ukuran spora yang sama, akan tetapi jenisnya berbeda.


Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar