Skip to main content

Cerita PPG Tahun 2023 Lolos Proses Pendaftaran Pertama Kali

Cerita PPG (Pendidikan Profesi Guru) memang menarik. Banyak kisah, mulai awal proses pendaftaran, hingga lulus dan menjadi guru yang berstatus sertifikasi. Hal ini memang tidak mudah, sebab perlu energi ekstra untuk menuntaskannya.

Seperti pengalaman kuliah PPG prajabatan yang diceritakan teman-teman sejawat. Belum lagi suka duka PPG dalam jabatan yang pastinya berbeda dengan ceritanya masing-masing.

Tidak sedikit yang bertanya; Apakah PPG itu PNS? Lalu, nasip PPG itu bagaimana? Dan, lulusan PPG yang tidak mengajar seperti apa? Wah, beratnya pikiran seorang guru di era digital ini ya... 

Terlebih lagi bagi guru yang tidak muda lagi. Pastinya PPG menjadi suatu tantangan tersendiri. Nah, buat yang masih bingung, yuk baca cerita PPG tahun 2023 sebagai berikut.

Cerita PPG Tahun 2023

Sudah lama sebenarnya saya tidak mengikuti program sertifikasi, atau yang sekarang namanya PPG. Kurang lebih ada lah sekitar 4-5 tahun vakum mengikuti seleksi Pendidikan Profesi Guru.

Tapi tahun ini saya coba mengikuti, meski data-data banyak yang salah. Contohnya, saya mengajar sejak tahun 2007, eh di data TMT yang tertulis tahun 2013. 

Selain itu dalam SIMPKB PPG juga tercatat sebagai guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Padahal saya ngajar Biologi. Duh, pusing, kan!

Data-data yang kayak gitu buat males ikutan PGG. Namun entah mengapa tahun 2023 pede aja daftar. "Mumpung prosedurnya mudah dan guru sendiri yang input ke sistem PPG online." Pikirku.

Persiapan Pendaftaran PPG Guru

Beruntung banget punya KTU dan pegawai di sekolah yang support. Jadinya dokumen sudah ada dan siap untuk pendaftaran PPG Guru.

Dokumen persiapan pendaftaran PPG dari sekolah yang sudah ready antara lain:

  • SK guru 2 (dua) tahun terakhir
  • SK sembagian tugas mengajar guru
  • Hasil scan SK pertama (2013)

Nah, sisanya seperti scan ijazah dan pakta integritas. Serta SK tahun 2007 dari sekolah terdahulu sudah siap semua. Lengkap, tersimpan rapi di komputer.

Cara Mendaftar PPG Guru 2013

Setelah persiapan dokumen, terus langkah berikutnya melakukan pendaftaran PPG via online. Caranya mudah sekali. Bagi yang belum tahu, bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Langkah pertama, buka situs website https://ppg.simpkb.id/
  2. Kemudian buka akun SIMPKB, SIMPATIKA atau belajar.id
  3. Kemudian isi dan lengkapi dokumen yang meliputi; Linearitas S1/D4, Bidang studi PPG, dan Berkas pendukung.
  4. Pada bagian menu Berkas Pendukung, silahkan input hasil scan SK Pengangkatan Pertama, SK Pengangkatan/Kenaikan Pangkat Terakhir, Pakta Integritas dan SK Pembagian tugas mengajar Guru.
  5. Selesai dan tunggu pengumuman.  

Pengalaman Mendaftar PPG Dalam Jabatan

Berdasarkan pengalaman bulan lalu saat mendaftar PPG 2023. Ternyata lolos juga, walaupun ada keraguan terkait TMT dan Bidang Studi.

ppg guru

Saya pikir, ini kelebihan sistem PPG terbaru, dimana guru memiliki kebebasan untuk mengurus pemberkasan secara mandiri. So, gak ribet-bet.

Meskipun begitu, ini masih tahap awal. Karena nantinya harus seleksi, kuliah PPG dalam jabatan, dan lain sebagainya. Ya, semoga di mudahkana. Amiin

Akhir Kata

Sekian cerita PPG guru kali ini, semoga bermanfaat dan bisa semangat untuk tahap selanjutnya. Ohya, kalo cerita kamu bagaimana, khususnya suka-duka mengikuti PPG dalam jabatan?

Terakhir, buat yang nyari soal PPG, silahkan baca di link https://www.kamusbiologisma.com/2023/06/soal-ppg-lengkap-dengan-analisa.html

Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar