Skip to main content

Praktikum Uji Vitamin C Dengan Betadine untuk Mata Pelajaran Biologi

Praktikum  uji vitamin C dengan betadine bertujuan, agar siswa mampu memahami kandungan vit. C yang ada pada makanan dan minuman. Cara melakukan praktikum ini sangat mudah, dan kamu bisa mempraktikkan sendiri di rumah untuk menghadapi ujian biologi praktek.

Tapi tenang, bagi kamu yang belum pernah melakukan uji vitamin C dengan betadine. Kami akan berikan langkah-langkahnya, serta contoh laporan praktikum uji vitamin C dengan iodin (betadine).

Biasanya pada praktikum vitamin C ini menggunakan buah jeruk, mangga, dan buah-buahan lainnya. Sehingga laporan praktikum akan mendapatkan hasil yang berbeda-beda, tergantung buah yang kamu pakai.

Lalu apakah bisa praktikum uji vitamin C dengan betadine menggunakan aneka minuman? Jawabnya tentu bisa, dan untuk detail informasinya bisa kamu pelajari melalui artikel kamusbiologisma.com ini.

Praktikum Uji Vitamin C dengan Betadine  

Praktikum Uji Vitamin C Dengan Betadine

Sebenarnya sudah banyak jurnal yang membahas uji vitamin C menggunakan bahan betadine. Bahkan untuk pembelajaran sudah tersedia LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik), sehingga mudah dalam mempraktekkannya.

Dibanding jenis vitamin lain, vitamin C hingga sekarang mungkin merupakan jenis vitamin yang paling populer di masyarakat awam. Meski sama pentingnya dengan yang lain, memang banyak orang yang menganggap khasiat vitamin C jauh melebihi kebutuhan vitamin lain, dan hal ini seringkali di kaitkan dengan peningkatan daya tahan tubuh.

Tidak hanya itu, serangkaian  penelitian yang dilakukan para ahli menemukan fungsi lain yang jauh lebih menjanjikan sebagai suatu antioksidan yang mampu mencegah penyakit-penyakit lain yang lebih serius termasuk kanker dan berbagai penyakit degeneratif lainnya.

Hal ini yang mungkin mendasari pengetahuan umum masyarakat tentang perlunyamengkonsumsi vitamin C, dan tak bisa dipungkiri juga, promosi- promosi dari pihak produsen. Dan terkait dengan tingginya kesadaran self medication dengan kemudahan pengaksesan informasi di masa sekarang. 

Salah satu kegunaan vitamin C, dalam dosis yang dianggap dosis tinggi (1000 mg/hari) secara praktis yang sering muncul adalah untuk mencegah flu dalam kemampuannya meningkatkan daya tahan tubuh.

Tujuan Praktikum Vitamin C

Kegiatan praktikum ini bertujuan supaya siswa mampu melakukan pengujian kandungan vitamin C. Serta mengetahui kadar vitamin C pada beberapa produk sampel minuman kemasan yang banyak beredar di pasaran.

Untuk mencapai tujuan tersebut, kamu perlu mempersiapkan alat dan bahan praktikum uji vitamin C dengan betadine berikut ini:

  • Tabung reaksi
  • Rak tabung reaksi
  • Pipet tetes
  • Gelas ukur
  • Kertas label
  • Minuman kemasan
  • Betadine
  • Alat tulis
  • Lembar Kerja Siswa (LKS)

Cara Kerja

Dalam praktikum ini, membahas tentang pengujian kadar vitamin C sebagai salah satu vitamin yang mempunyai fungsi diantaranya yaitu membantu meningkatkan imunitas tubuh. Pengujian dilakukan dengan menyiapkan beberapa sumber vitamin C yang kemudian diuji dengan metode titrasi iodometri menggunakan larutan betadine (obat antiseptik). 

Sumber yang digunakan berupa beberapa sampel minuman kemasan dan minuman vitamin C yang banyak ditemukan di pasaran. Pengujian kadar vitamin C dimaksudkan untuk mengetahui macam-macam kadar vitamin C yang terkandung dalam sampel.

Kemudian faktor-faktor yang mempengaruhi banyaknya kadar vitamin C yang terdapat pada masing-masing sampel yang akhirnya dengan mengetahui hal-hal tersebut dapat membantu dalam pemilihan dan pemenuhan asupan vitamin C secara optimal.

Lebih mudahnya, perhatikan cara kerja praktikum uji vitamin C di bawah ini:

  1. Siapkan 5 buah tabung reaksi kemudian beri label sesuai dengan label pada sampel minuman kemasan yang telah di siapkan.
  2. Tetesi masing-masing tabung reaksi dengan larutan betadine sebanyak 20 tetes.
  3. Teteskan sampel minuman kemasan dengan pipet tetes pada tabung reaksi yang sudah berisi betadine sesuai label yang tertera.
  4. Hitung jumlah tetesan hingga warna betadine menjadi hilang/bening atau sama seperti warna minuman kemasan sebelum di campur dengan betadine.
  5. Amati perubahan warna yang terjadi dan catat pada tabel yang sudah disediakan.

Laporan Uji Vitamin C Dengan Betadine

Saat praktikum, jangan lupa buat tabel sederhana dari hasil uji praktik vitamin C yang sudah kamu lakukan. Setelah itu susun secara lengkap, ilmiah, dan terperinci ketika membuat laporan penelitian hasil praktikum.

Secara sederhana susunan dalam pembuatan laporan praktikum uji vitamin C dengan betadine adalah sebaga berikut:

  • Judul
  • Kata Pengantar
  • Daftar Isi
  • Pendahuluan
  • Kajian Pustaka
  • Metode Praktikum
  • Hasil Praktikum
  • Kesimpulan
  • Daftar Pustaka 

Akhir Kata

Demikian penjelasan tentang praktikum uji vitamin C dengan betadine. Selamat mencoba dan semoga kegiatan praktikum sampai dengan membuat laporan selalu lancar. Amiin 

Oh ya, jangan lupa format pakai pdf ketika mengumpulkannya. Itupun jika permintaan dalam kegiatan praktikum ini menggunakan laporan dalam bentuk pdf.

Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar