Skip to main content

Menjawab Soal Biologi tentang Vaksin

Soal biologi tentang vaksin merupakan salah satu pertanyaan dalam pelajaran biologi yang kerap ditanyakan guru kepada siswa. Pertaanyaan ini mungkin mudah bagi yang sudah mengetahuinya, tapi bagi pelajar yang belum tahu, tentu pertanyaan sederhana ini akan terasa sulit.

Lalu apa itu vaksin? Dan, kenapa guru biologi menanyakannya. Tenang, jangan khawatir, karena kamusbiologisma.com akan menjelaskan secara singkat dan jelas mengenai vaksin.

Tapi sebelumnya, perlu kamu ketahui bahwa materi vaksin ada pada materi biologi kelas XI SMA bab Sistem Imun (Pertahanan Tubuh). Dalam bab imunitas ini peserta didik akan banyak dikenalkan dengan berbagai macam sistem pertahanan tubuh, baik secara alami maupun buatan.

Kamus Biologi Online

Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan pada kelas X juga ada pembahasan vaksin. Hal ini tidak lepas dari pandemi covid-19 yang menuntut penggunaan vaksin sebagai upaya pencegahan agar tidak terkena virus.

Vaksin Adalah

Secara umum, arti vaksin adalah zat yang bisa membuat tubuh kebal dari penyakit tertentu. Sementara dikutip dalam situs alodokter.com, "vaksin adalah zat atau senyawa yang berfungsi untuk membentuk kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit".

Terus, apakah apakah vaksin COVID-19 merupakan obat? Jawabnya, menurut situs resmi pemerintah covid19.go.id bahwa "Vaksin COVID-19 bukanlah obat. Vaksin diberikan pada orang yang sehat untuk mencegah penyakit tertentu menjangkiti orang tersebut.

Lebih lanjut, vaksin COVID-19 merupakan bentuk pencegahan yang berfungsi mendorong pembentukan kekebalan tubuh spesifik pada penyakit COVID-19 agar terhindar dari tertular atau kemungkinan sakit berat.

Demikian jawaban soal biologi tentang vaksin. Sekian dan semoga bermanfaat 

Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar