Skip to main content

Virus Yang Menginfeksi Bakteri Disebut

Virus yang menginfeksi bakteri disebut ....

A. mikrobakteri
B. bakteriofag
C. profag
D. makrobakteri
E. mikroprofag

Dari pertanyaan tentang virus diatas, maka jawaban yang paling tepat adalah bakteriofag. Ingin tahu penjelasannya, mari simak berikut ini.

Dalam ilmu biologi, virus tidak hanya menyerang manusia, hewan dan tumbuhan saja. Tapi juga bakteri yang disebut dengan kondisi bakteriofag.

Kamus Biologi SMA

Istilah bakteriofag berasal dari kata Bacteriophage, dimana struktur kata ada dua, yakni bacteria dan phagein. Arti dari “phagein” sendiri adalah dimakan. Jadi bakteriofag berarti virus yang memakan bakteri.

Disebut apakah virus yang menginfeksi bakteri?

Bakteriofag, karena virus memiliki kemampuan menginfeksi bakteri. Dalam biologi terdapat ribuan jenis bakteriofage yang sudah ditemukan. Dari beragam jenis bakteriofag hanya menginfeksi beberapa jenis bakteri.

Apakah virus bisa menginfeksi bakteri?

Iya bisa, sebab virus hanya mampu berkembang biak melalui sel inang. Diantara sel inang dari virus antara lain tumbuhan dan hewan. Selain itu ada bakteri yang bisa dijadikan sel inang oleh virus atau yang dinamakan dengan bakteriofag.

Bagaimana virus menginfeksi bakteri secara litik?

Enzim pada virus akan melarutkan dinding sel bakteri yang kemudian membentuk lubang. Lewat lubang inilah virus memasukkan DNA-nya ke dalam tubuh bakteri. DNA virus yang sudah masuk ke dalam bakteri akan mengambil alih tugas DNA bakteri dengan menghancurkan DNA bakteri yang disebut dengan tahapan perkembangbiakan secara litik.

Demikian penjelasan tentang virus yang menginfeksi bakteri. Semoga membantu kamu dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan biologi. Sekian dan terima kasih.

Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar