Skip to main content

Tuliskan Lima Prosedur Keselamatan Kerja di Laboratorium

Berikut lima (5) prosedur kerja di laboratorium yang harus kamu patuhi, antara lain:
  1. Pastikan kerjakan praktikum sesuai petunjuk dalam buku praktikum dan berdasarkan intruksi dari guru.
  2. Ketika menggunakan mikroskop, ikuti petunjuk cara penggunaan mikroskop pada buku petunjuk praktikum. Jika membawa mikroskop, pastikan angkat dengan kedua tangan.
  3. Gunakan sarung tangan, pelindung mata, dan masker saat menggunakan zat-zat kimia. 
  4. Apabila kamu mau membaui zat/larutan yang ada dalam tabung reaksi kimia, maka lakukan dengan cara mengibas-ngibaskan tangan ke mulut tabung.
  5. Jika mau memanaskan tabung reaksi, sebaiknya arahkan tabung reaksi menjauh dari wajah maupun teman yang ada di sekitar kamu. 
Kamus Biologi SMA

Selain 5 prosedur keselamatan kerja di laboratorium di atas, ada tambahan jika kamu ingin mencampurkan larutan dengan zat tambahan yang dapat menimbulkan reaksi, maka gunakan pipet, setetes demi setetes melalui bagian pinggir tabung reaksi.

Sebutkan 5 langkah langkah keselamatan kerja di laboratorium?

5 langkah saat bekerja di laboratorium antara lain (1) memakai sarung tangan, (2) memakai baju laboratorium (3) pakai kaca mata lab (4) pakai masker (5) pastikan untuk selalu cuci tangan baik sebelum maupun sesudah praktikum.

Apa saja prosedur keselamatan kerja di laboratorium?

Dalam tata tertib keselamatan kerja saat bekerja di laboratorium harus memperhatikan beberapa hal, seperti mengikuti panduan laboran maupun guru, dilarang mengambil alat dan bahan tanpa ijin dari petugas laboratorium, menggunakan baju laboratorium, selalu mengikuti petunjuk praktikum, dan segala hal aturan saat berada di laboratorium. 
Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar