Skip to main content

Rangkuman Materi Biologi Kelas 11 Bab Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan

Rangkuman materi biologi kelas 11 bab tumbuhan adalah suatu ringkasan hasil belajar mengenai struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Rangkuman materi tentang tumbuhan bisa kamu pelajari dalam kamus biologi SMA, maupun buku-buku biologi kelas 11 SMA/SMK/MA. 

Mempelajari bab tumbuhan juga bisa kamu temukan di kamusbiologisma.com. Isinya pun beragam, mulai dari soal dan pembahasan tumbuhan, video tumbuhan, hingga rangkumannya. Untuk semua materi tersebut bertujuan memudahkan dalam mempelajari biologi.

Kamus Biologi SMA

Selain itu, kamu juga bisa dengan mudah mempersiapan berbagai ujian biologi seperti ujian PTS, PAT, dan UTBK. Sehingga sewaktu ujian, kalian dapat mengerjakan dengan mudah untuk hasil yang maksimal.

Lalu dengan pergantian kurikulum, dari kurikulum 2103 ke kurikulum merdeka apakah ada perbedaan? Secara umum untuk materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan pada pelajaran biologi masih sama dan belum ada perubahan signifikan.

Baiklah, untuk lebih jelas mengenai isi rangkuman materi kelas 11 bab jaringan tumbuhan, silahkan lihat berikut ini. Tapi jangan lupa pelajari postingan sebelumnya mengenai: Inilah Rangkuman Materi Biologi Kelas 11 Bab Sel.

Tujuan Pembelajaran Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan

Ada beberapa tujuan pembelajaran pada materi jaringan tumbuhan, seperti peserta didik dapat menerapkan prinsip keselamatan kerja ketika melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan. 

Selanjutnya siswa-siswi dapat menjelaskan ciri-ciri dan fungsi jaringan meristematis pada tumbuhan. Untuk lebih lengkapnya bisa kamu lihat dibawah ini:

  1. Peserta didik dapat membedakan ciri-ciri berbagai jenis jaringan permanen (jaringan dewasa).
  2. Mampu menjelaskan fungsi berbagai jenis jaringan permanen (jaringan dewasa).
  3. Membandingkan struktur sel berbagai jaringan tumbuhan pada gambar.
  4. Menentukan jenis-jenis jaringan penyusun organ vegetatif (akar, batang, daun) dan organ generatif (bunga, buah, biji).
  5. Menjelaskan  perbedaan anatomi tumbuhan monokotil dengan dikotil.
  6. Siswa dapat menjelaskan sifat totipotensi dan teknik kultur jaringan tumbuhan.
  7. Mengemukakan keunggulan pembibitan tanaman dengan teknik kultur jaringan.
  8. Peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai macam jaringan penyusun organ pada tumbuhan monokotil maupun dikotil melalui pengamatan dengan menggunakan mikroskop.
  9. Siswa dapat menseketsa gambar penampang melintang/membujur organ akar, batang, dan daun dari hasil pengamatan mikroskopis.

Kompetensi Dasar (KD) Bab Jaringan Tumbuhan

Kompetensi dasar pertama, peserta didik dapat menerapkan konsep tentang keterkaitan hubungan antara struktur sel pada jaringan tumbuhan. Kemudian mampu mengaitkan juga dengan fungsi organ pada tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan.

Kedua, peserta didik dapat menyajikan data tentang struktur anatomi jaringan pada tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan. Hal ini bertujuan untuk menunjukkan pemahaman hubungan antara struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan terhadap bioproses yang berlangsung pada tumbuhan.

Indikator Pencapaian Kompetensi 

Adapun indikator pencapaian kompetensi kelas 11 pelajaran biologi tentang struktur dan fungsi jaringan tumbuhan adalah sebagai berikut:

  • Menjelaskan ciri-ciri dan fungsi jaringan meristematis pada tumbuhan.
  • Menjelaskan fungsi dan ciri-ciri berbagai jenis jaringan permanen  (jaringan dewasa).
  • Membandingkan struktur sel berbagai jaringan tumbuhan pada gambar.
  • Menentukan jenis-jenis jaringan penyusun organ vegetatif (akar, batang, daun) dan organ generatif (bunga, buah, biji).
  • Menjelaskan  perbedaan anatomi tumbuhan monokotil dengan dikotil.
  • Menjelaskan sifat totipotensi dan teknik kultur jaringan tumbuhan.
  • Mengidentifikasi berbagai macam jaringan penyusun organ pada tumbuhan monokotil maupun dikotil melalui pengamatan dengan menggunakan mikroskop.
  • Menseketsa gambar penampang melintang/membujur organ akar, batang, dan daun dari hasil pengamatan mikroskopis.

Rangkuman Materi Ajar Bab Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan

Berikut adalah rangkuman materi ajar tentang struktur dan jaringan tumbuhan yang sudah kamusbiologisma.com persiapkan untuk kamu, antara lain:

  1. Jenis jaringan tumbuhan berdasarkan aktivitas pembelahan sel-sel selama masa pertumbuhan dan perkembangan ada dua macam, yaitu jaringan meristem (jaringan embrional) dan jaringan permanen (jaringan dewasa).
  2. Sifat jaringan meristem: sel-sel muda, aktif membelah, susunan rapat, dinding sel tipis, banyak protoplasma, nukleus besar, vakuola kecil (tidak ada).
  3. Berdasarkan asal terbentuknya, jaringan meristem dikelompokkan menjadi 2 macam, yaitu: jaringan meristem primer dan meristem sekunder. 
  4. Jaringan tumbuhan berdasarkan posisinya terbagi atas meristem apikal, meristem interkalar, dan meristem lateral.
  5. Sifat jaringan permanen: sel relatif besar, tidak aktif membelah, terdapat ruang antar sel, dinding sel tebal, sedikit plasma sel, vakuola besar, terkadang selnya mati.
  6. Berdasarkan fungsinya, jaringan dewasa dibedakan 4 macam, yaitu: jaringan pelindung (Epidermis), jaringan dasar (parenkim), jaringan penyokong, dan jaringan pengangkut (vaskuler). 
  7. Derivat epidermis, seperti stomata (mulut daun), trikomata (rambut-rambut), emergensia, spinata (duri), sel kipas, sel kersik (silika), velamen, dan litokis.
  8. Jaringan sekretoris, antara lain: saluran getah, sel-sel resin dan minyak, sel-sel lendir, sel-sel penyamak, dan sel-sel mirosin.
  9. Jaringan pengangkut ada dua yaitu xilem dan floem.
  10. Organ pada tumbuhan dapat dibedakan organ vegetatif dan organ generatif. Organ vegetatif antara lain akar, batang, dan daun, sedangkan organ generatif yaitu bunga, buah, dan biji.
  11. Perbanyakan tanaman dengan teknik kultur jaringan meliputi beberapa tahap, yaitu pembuatan media, inisiasi, sterilisasi, multiplikasi, pengakaran, dan aklimatisasi.
  12. Keunggulan pembibitan dengan teknik kultur: bibit yang bersifat identik dengan induknya, tidak membutuhkan tempat yang luas, kualitas dan kesehatan bibit lebih terjamin, bibit seragam, lebih cepat tumbuh , pengadaan bibit tidak tergantung musim.

FAQ

Apa yang dimaksud dengan jaringan tumbuhan?
Jaringan tumbuhan adalah kumpulan dari sel yang mempunyai struktur dan fungsi sama dalam membentuk organ tumbuhan. Berdasarkan aktivitasnya, jaringan terbagi atas jaringan meristem dan jaringan permanen.

Apa saja struktur dan fungsi jaringan tumbuhan?
Struktur jaringan xilem pada tumbuhan memiliki fungsi mengangkut air dan garam mineral. Sedangkan jaringan floem berfungsi mengangkut hasil fotosintesis ke seluruh tubuh. Kemudian ada jaringan parenkim, jaringan sklerenkim, dan masih banyak jaringan tumbuhan lainnya.

Bagaimana struktur jaringan pada tumbuhan?
Struktur jaringan tumbuhan umumnya terdiri atas jaringan meristem (embrional) dan jaringan permanen (dewasa). 

Demikianlah rangkuman materi biologi kelas 11 bab struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kamu dalam mempelajari mata pelajaran biologi.

Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar