Skip to main content

Jawaban dan Pembahasan Peristiwa Rantai Makanan pada Soal Ekosistem Kelas 10

Soal ekosistem kelas 10 memiliki ragam yang bervariasi. Misalnya soal seperti ini, "Pada peristiwa rantai makanan dan jaring makanan terjadi ..." Maka jenis soal yang tampil wujudnya adalah pilihan ganda. 

Selain itu, ada ragam soal ekosistem lain seperti Pernyataan berikut ini yang sesuai dengan jaring-jaring makanan diatas adalah…. Meskipun begitu, ternyata jawabannya mudah asal kamu mengerti materi yang sudah diajarkan oleh guru.

kamus biologi sma

Namun, bagi kamu yang belum paham tentang soal yang berkaitan dengan rantai makanan dan jaring makanan. Berikut kami jelaskan lengkap dengan soal, jawaban dan juga pembahasannya.

Soal dan Jawaban Rantai Makanan dan Jaring-jaring Makanan

Pada peristiwa rantai makanan dan jaring makanan terjadi ….

A. aliran energi

B. proses biomagnifikasi

C. aliran massa

D. bioakumulasi

E. daur biomassa

Jawaban dari soal rantai makanan tersebut adalah A, yaitu aliran energi. Mengapa jawabannya aliran energi? Begini pembahasan soalnya. 

Pembahasan Soal Rantai Makanan dan Jaring Makanan

Rantai makanan adalah proses makan memakan antara spesies dengan urutan tertentu dalam suatu ekosistem. Sedangkan jaring makanan atau yang familier dengan nama jaring-jaring makanan adalah kumpulan dari proses rantai makanan.

Para rantai makanan dan jaring-jaring makanan tersebut akan terjadi perpindahan energi dari satu organisme ke organisme lainnya. Perpindahan energi tersebut dalam istilah biologi dinamakan aliran energi.

Jadi, jawaban yang paling tepat bukan proses biomagnifikasi, aliran massa, bioakumulasi, maupun daur biomassa. Melainkan adalah aliran energi.

Penutup

Itulah jawaban dan pembahasan soal ekosistem kelas 10 mengenai soal: Pada peristiwa rantai makanan dan jaring makanan terjadi …. Semoga bisa membantu kamu saat mengerjakan soal-soal biologi bab ekosistem.

Sekian penjelasan materi biologi hari ini yang berupa soal lengkap dengan pembahasannya. Selamat belajar dan sukses selalu.

Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar