Skip to main content

Membran Plasma Lengkap dengan Soal dan Pembahasan dalam Pelajaran Biologi

Membran plasma terdiri atas komponen-komponen penyusun dasar, baik itu komponen yang berada pada bagian luar dan komponen yang berada dalam sel atau plasma. Pada bagian luar berisi senyawa lemak, sedangkan bagian dalam berisi senyawa protein dan karbohidrat.

Fungsi membran plasma pada pada sel ini sangat penting, utamanya untuk mengatur masuk dan keluarnya zat yang ada dalam sel. Nah, untuk mengetahui apa itu membran sel, lengkap dengan soal dan pembahasan dalam pelajaran biologi. Inilah penjelasannya!

kamus biologi sma

Apa itu Membran Plasma?

Istilah membran plasma dalam biologi disebut juga dengan membran sel. Dalam kamus biologi, berasal dari kata Plasmalemma yang berarti plasma adalah cairan dan lemma adalah selaput.

Membran sel ini sifatnya selektif permeable, di mana fungsinya mampu menyaring zat yang masuk ke dalam sel. Sehingga membuat bagian-bagian dalam sel akan terlindungi.

Zat Penyusun Membran Sel

Penyusun membran sel terdiri atas dua lapis senyawa lemak, atau yang biasa dikenal dengan nama lipid bilayer. Pada bagian lipid, komponen lemak penyusunnya adalah fosfolipid. 

Fosfolipid itu sendiri terdiri atas kepala polar yang bersifat suka air atau hidrofilik. Sementara pada bagian ekor non polar bersifat kebalikannya, yakni hidrofobik.

Kemudian senyawa penyusun lainnya adalah protein dan karbohidrat. Untuk protein terdiri atas protein intergral dan protein porifer. Sedangkan untuk karbohidrat berikatan dengan protein dan lemak membentuk glikoprotein dan glikolipid.

Soal dan Pembahasan

Untuk memahami lebih lanjut mengenai membran plasma, silahkan ajukan pertanyaan berikut kepada peserta didik:

Membran plasma terdiri atas komponen-komponen berikut, kecuali ….

A. glikolipida 

B. karbohidrat 

C. fosfolipida

D. glikoprotein

E. sterol

Dari soal tersebut, maka jawaban mengenai yang bukan penyusun membran plasma adalah Sterol. Mengapa demikian, karena sterol merupakan kelompok molekul organik sehingga bukan bagian dari membran plasma.

Akhir Kata

Demikain penjelasan mengenai membran plasma dalam pembelajaran biologi. Tetap semangat belajar dan semoga sukses. Terima kasih 

Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar