Skip to main content

Apa itu Hormon pada Manusia dan Fungsinya? Plus Cara Menjelaskan ke Siswa

Apa itu Hormon pada Manusia dan Fungsinya


Hormon adalah zat kimia yang membawa pesan antar sel. Hormon ada di semua tubuh makhluk hidup multiseluler, termasuk di dalamnya manusia.

Dalam pengajaran bab hormon, Anda harus mencoba memvisualisasikan ke siswa dengan cara yang mudah dipahami. Misalnya, tanya pada siswa:  

Siapa yang bahagia hari ini? Silahkan angkat tangan.

Ternyata semua siswa angkat tangan, maka Anda tinggal jawab: Hormon dopamin kalian cukup, bersyukurlah!

Dari pertanyaan sederhana di atas, mereka para siswa pasti akan bertanya-tanya. Apa itu hormon dopamim? apa hubungannya hormon dopamin dengan kebahagiaan? dan lain-lain.

Apa itu hormon pada manusia dan fungsinya?

Hormon pada manusia berfungsi membawa pesan kimia ke seluruh tubuh. Hormon ini diproduksi oleh berbagai sistem kelenjar yang ada di manusia.

Kelenjar tersebut antara lain, kelenjar tiroid, pituitari, pankreas, adrenal dan masih banyak lagi yang lainnya.

Masing-masing kelenjar akan menghasilkan hormon yang berbeda-beda, sesuai dengan fungsinya. Misalnya, kelenjar adrenal akan mengeluarkan hormon kortisol yang berperan menjaga imun tubuh.

Cara menjelaskan hormon ke siswa   

Langkah pertama saat menjelaskan hormon adalah, dengan memvisualisasikan atau memberi penyegaran seperti contoh pada bagian awal.

Kemudian, jelaskan dengan menggunakan power point sebagai alat bantu pembelajaran. Jika memungkinkan lakukan praktikum hormon, tapi hormon untuk tumbuhan karena yang paling mudah. Misalnya, praktikum pengaruh hormon auksin pada pembentukan akar tumbuhan.

Terakhir, lakukan evaluasi hasil belajar dengan memberikan tugas mandiri maupun kelompok. Pastikan tugas dilakukan secara terukur dan terencana. 

Akhir kata

Sekian penjelan mengenai apa itu hormon pada manusia dan fungsinya! Semoga bermanfaat dan memudahkan Anda saat proses belajar mengajar. 

Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar