Skip to main content

Modul Mapel Biologi Kelas XII Lengkap untuk Guru dan Siswa

Modul Mapel Biologi Kelas XII Lengkap untuk Guru dan Siswa

Modul mapel biologi kelas XII lengkap untuk guru dan siswa. Biologi adalah, ilmu sains yang mempelajari makhluk hidup. Biologi sebagai ilmu memiliki karakteristik yang unik dibandingkan dengan ilmu-ilmu lainnya. Dalam mempelajari biologi, biasanya dibutuhkan modul pembelajaran biologi, baik untuk guru maupun siswa.

Pengertian biologi, istilah biologi, kamus biologi lengkap, kamus biologi online, cabang-cabang biologi, modul biologi kelas xii, modul biologi kelas 12, modul praktikum biologi sma kelas, download materi biologi, praktikum biologi.

Biologi juga merupakan wadah untuk membina warga negara yang berwawasan lingkungan, bertanggung jawab terhadap masyarakat, bangsa dan negaranya, serta beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Biologi bukan hanya bidang pengetahuan berupa fakta, konsep, dan prinsip, tetapi juga penemuan, karena biologi berkaitan dengan bagaimana menemukan dan memahami alam secara sistematis, juga merupakan proses.

Tujuan modul biologi

Tujuan dari modul biologi ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang mata pelajaran yang diajarkan oleh guru. 

Setiap modul menyediakan konteks untuk memahami dan menerapkan konsep tertentu. Modul yang dikembangkan memiliki dua fungsi. 

Artinya, sebagai alat pembelajaran bagi siswa rumahan, guru dapat menggunakannya sebagai alat bantu kelas atau pelengkap.

Berdasarkan tujuan di atas, maka proses pembelajaran penggunaan modul Biologi dalam pembelajaran saintifik memerlukan satu keterampilan, yaitu keterampilan dasar dan keterampilan bawaan. 

Keterampilan dasar meliputi keterampilan observasi, klasifikasi, pengukuran, komunikasi, dan prediksi, dan keterampilan bawaan meliputi perumusan hipotesis, pengendalian variabel, perumusan masalah, dan keterampilan interpretasi data. 

Ada banyak modul yang sedang dikembangkan, yang berbeda dalam struktur dan konten. Kelebihan modul biologi yang saya bagikan adalah, membuat modul semenarik mungkin dan menyesuaikan dengan permasalahan yang dialami siswa, sehingga memudahkan siswa dalam memahami setiap topik. 

Salah satu keterampilan yang dimiliki siswa dalam pembelajaran biologi adalah kemampuan memecahkan masalah.

Modul biologi tingkat SMA/MA meliputi materi, LKS, lembar kegiatan siswa, dan lembar respon siswa. Istilah modul dapat merujuk pada paket pendidikan yang memuat pedoman bagi guru dan materi pembelajaran bagi siswa. 

Selain itu, siswa yang mengunduh modul biologi, ini juga akan mendapatkan manfaat dari satu unit program pendidikan dan pembelajaran (self-education), bagi siswa untuk belajar sendiri.

Modul biologi ini merupakan, bahan ajar yang sistematis dalam bahasa yang mudah dipahami siswa, sesuai dengan tingkat pengetahuan dan usianya. Sehingga memungkinkan untuk belajar secara mandiri dengan dukungan dan bimbingan minimal dari pendidik, saya bisa melakukannya.

Modul biologi tingkat SMA/MA, menjadi pilihan yang tepat bagi pendidik sebagai alat penunjang proses pembelajaran. Karena guru mengevaluasinya sesuai dengan karakteristik modul, dan kriteria pembelajaran kurikulum 2013.

Apa karakteristik modul Biologi

Modul yang dapat meningkatkan motivasi belajar adalah pengembangan modul, harus memperhatikan karakteristik yang dibutuhkan sebagai modul, yaitu

  1. Mencakup tujuan pembelajaran yang jelas dan dapat menjelaskan pencapaian standar keterampilan dan kemampuan dasar.
  2. Meliputi materi pembelajaran yang dikemas ke dalam unit-unit kegiatan kecil/tertentu untuk memudahkan pembelajaran.
  3. Terdapat contoh dan ilustrasi yang mendukung kejelasan penyajian materi pembelajaran.
  4. Ada latihan dan tugas yang dapat mengukur kemampuan siswa.
  5. Kontekstual, atau materi yang disajikan, relevan dengan suasana hati, tugas, atau konteks aktivitas dan lingkungan siswa.
  6. Menggunakan bahasa yang sederhana dan komunikatif
  7. Ada ringkasan materi pelajaran.
  8. Terdapat alat penilaian yang memungkinkan siswa melakukan penilaian diri (self-assessment).
  9. Adanya umpan balik pada evaluasi siswa sehingga siswa dapat mengetahui tingkat kemahiran materi.
  10. Terdapat referensi/pengayaan/informasi referensi yang mendukung bahan kajian terkait.

Produk yang dibagikan dalam artikel ini adalah modul. Modul yang dimaksud adalah modul pembelajaran biologi, yang menyesuaikan kurikulum terbaru dengan mata pelajaran biologi. Di sini, kami akan membagikannya kepada guru, dan peserta didik yang ingin mengunduhnya.


Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar