Skip to main content

Cara Buat Daftar Pustaka Dari Sumber Jurnal, Buku dan Internet untuk Karya Tulis

Cara Buat Daftar Pustaka 

Buat kamu yang belum pernah cara buat daftar pustaka, tentu akan merasa kesulitan tatkala mendapatkan tugas dari sekolah. Tugas ini biasanya tentang artikel dan makalah yang harus menyertakan sumber referensi, dan siswa wajib menuliskannya secara benar dan tepat. 

Meskipun menulis daftar pustaka ini terkesan sepele, tapi siswa tidak boleh sembarangan. Ada beberapa sumber referensi yang dapat kamu ambil, misalnya dari jurnal, buku, dan internet. Penulisannya pun berbeda-beda, tergantung sumber pustakanya.

Tapi jangan khawatir, sebab teknologi memudahkan kamu membuat daftar pustaka secara otomatis. Belum lagi banyak referensi di internet yang dengan mudah bisa kamu pakai sebagai sumber utama ketika mengerjakan tugas dari guru.

Cara Buat Daftar Pustaka

Nah, supaya lebih mudah, berikut sudah kami siapkan cara membuat daftar pustaka dari berbagai sumber seperti jurnal, buku dan internet. Penasaran, mari simak ulasan lengkapnya sebagai berikut.

Penulisan Daftar Pustaka dari Jurnal dan Contohnya

Kini jurnal-jurnal ilmiah bisa kamu dapatkan secara online dengan mudah, baik Nasional maupun Internasional. Meskipun begitu, dalam mencari jurnal online sebagai sumber referensi, usahakan memilih yang telah diakui oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI.

Untuk membuat daftar pustaka yang berasal dari sumber jurnal dapat kamu lihat di bawah ini:

  1. Judul Jurnal : Pertumbuhan Vegetatif Tanaman Tomat (Lycopersicum esculentum Mill.) dari Benih Lama yang Diinduksi Kuat Medan Magnet 0,1 mT, 0,2 mT, dan 0,3 mT
  2. Penulis : Vina Novitasari
  3. Penerbit : Jurnal Biologi Indonesia
  4. Nomor : 15(2)
  5. Tahun Terbit : 2019

Contoh penulisannya:

Novitasari, Vina. "Pertumbuhan Vegetatif Tanaman Tomat (Lycopersicum esculentum Mill.) dari Benih Lama yang Diinduksi Kuat Medan Magnet 0,1 mT, 0,2 mT, dan 0,3 mT.” Jurnal Biologi Indonesia, 15(2): 2019. 

Membuat Daftar Pustaka dari Buku

Mengambil daftar pustaka dari buku biasanya kerap dilakukan untuk menyelesaikan tugas-tugas karya tulis ilmiah. Untuk membuatnya, kamu mesti perhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Nama Penulis

Penulisan nama penulis/pengarang buku dalam membuat daftar pustaka ini ada di awal. Caranya mudah, cukup dahulukan nama belakang dan pisahkan dengan tanda koma (,). Misalnya, nama asli Denny Fajar, maka nulis daftar pustakanya; Fajar, Denny.

Terus bagaimana jika nama pengarang 2 orang atau lebih? Gampang saja, tinggal gunakan nama penulis pertama untuk diletakkan di awal, kemudian baru nama penulis kedua dan seterusnya. Tapi ingat, jangan lupa namanya kamu balik seperti contoh pada bagian sebelumnya.

Sebagai tambahan, apabila nama penulis terdapat gelar-gelar yang menyertainya. Maka gelar-gelar itu tidak perlu kamu masukkan. Ingat, cukup namanya saja. Dan, akhiri dengan memberikan tanda titik (.) setelah menulis nama pengarang buku.

2. Tahun Terbit Buku

Apabila nama penulis sudah kamu masukkan, berikutnya adalah tahun terbit. Dan, untuk tahun ini pastikan buka dan cek di halaman identitas buku.

Biasanya untuk tahun terbit buku ada pada item tanggal terbit. Letaknya berada pada bagian bawah kolom nama penerbit. 

Meskipun begitu, dalam penulisan daftar pustaka, sebaiknya cari tahun terbit cetakan pertama. Bukan yang cetakan kedua, ketiga, dan seterusnya yang ada dalam identitas buku.

3. Judul

Dalam penulisan judul buku hendaknya ditulis secara lengkap dan benar. Pastikan juga tulisan judul miring. Caranya, dengan menggunakan Italic (i) di word.

Kemudian dalam penulisan judul dalam daftar pustaka, sebaiknya pakai huruf besar pada setiap awal kata. Kecuali kata sambung yang memakai huruf kecil semua. 

4. Nama Kota Penerbit

Setelah menulis judul, selanjutnya ketik nama kota dimana buku itu diterbitkan oleh penerbit. Semisal, kota penerbit berada di Jakarta, maka nama kota akan tertulis Jakarta. 

Tapi ingat, penulisan nama kota ini tidak diakhiri dengan tanda titik, melainkan dengan tanda titik dua (:). Contohnya; Jakarta:, Malang:, dan lain-lainnya.  

5. Nama Penerbit

Untuk nama penerbit bisa kamu tuliskan pada bagian akhir dari daftar pustaka. Tepatnya setelah nama kota. Namun ingat ya, jangan sampai lupa memberi tanda titik setelah menuliskan nama penerbit.

Contoh Daftar Pustaka dari Buku

Agar kamu lebih mudah menuliskan daftar pustaka yang bersumber dari buku. Ini dia sudah saya siapkan contohnya:

  • Judul Buku : SMK Kehutanan Berbasis Pondok Pesantren
  • Nama Penulis : Achmad Fauzi
  • Penerbit : UB Press
  • Kota Penerbit : Malang
  • Tahun Terbit : 2012

Cara menulis daftar pustakanya:

Fauzi, Achmad. 2012. SMK Kehutanan Berbasis Pondok Pesantren. Malang: UB Press.

Membuat Daftar Pustaka dari Internet

Selain referensi yang kamu peroleh dari jurnal dan buku, kamu juga bisa mengambil dari internet untuk dijadikan sebagai daftar pustaka ketika membuat karya tulis ilmiah. Dan, untuk penulisannya, langsung lihat berikut ini.

  • Judul Artikel : Cara Mengubah Tesis Menjadi Buku Lengkap dengan Alasannya
  • Nama Penulis : Achmad Fauzi
  • Tanggal : 14 Desember 2022
  • Waktu Akses : 07 Januari 2023, pukul 11.30
  • URL : https://www.kamusbiologisma.com/2022/12/cara-mengubah-tesis-menjadi-buku.html

Cara susun daftar pustaka:

Fauzi, Achmad (2022). "Cara Mengubah Tesis Menjadi Buku Lengkap dengan Alasannya" www.kamusbiologisma.com. Diakses pada Sabtu 07 Januari 2023. https://www.kamusbiologisma.com/2022/12/cara-mengubah-tesis-menjadi-buku.html.

Penutup

Itulah cara buat daftar pustaka dari sumber jurnal, buku dan internet. Apabila ada yang ingin kamu tanyakan, silahkan langsung tulis pesan pada kolom komentar. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kamu semua ketika membuat karya tulis. Sekian dan terima kasih.

Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar