Skip to main content

Jelaskan Pengertian Haid Menurut Ilmu Biologi, Inilah Jawabannya

Saat guru biologi kamu bertanya seperti ini; Jelaskan pengertian haid menurut ilmu biologi? Maka kamu bisa menjawabnya dengan mudah dan tentunya bukan jawaban singkat semisal soal pilihan ganda.

Selain dari guru biologi, pertanyaan mengenai haid atau mentruasi ini biasanya juga ditanyakan oleh guru agama Islam. Namun yang akan kami bahas kali ini lebih kepada ilmu biologi, sesuai fokus dari pertanyaan di atas.    

Tapi ingat, ketika membahas tentang menstruasi, pastinya tidak lepas dari menopause. Dimana maksud dari menopause ini adalah fase berakhirnya seorang perempuan mengalami menstruasi.  

Baiklah, untuk lebih jelasnya mengenai pengertian haid menurut ilmu biologi. Berikut sudah kami siapkan penjelasan agar kamu lebih mudah mempelajarinya.

Pengertian Haid Menurut Ilmu Biologi

Haid menurut ilmu biologi adalah proses keluarnya darah dalam rahim seorang perempuan yang terjadi secara berkala atau periodik. Lama waktu haid bisa berbeda-beda setiap bulannya, tapi umumnya 3 hari sampai dengan 7 hari.

Kamus Biologi SMA

Haid sendiri maknanya sama dengan menstruasi, dimana darah akan keluar setiap bulannya akibat dari sel telur yang tidak dibuahi oleh sperma.

Adapun haid menurut Islam merupakan tanda-tanda sesorang perempuan dikatakan baligh. Biasanya usia 10-15 tahun, seorang anak perempuan akan mengalami haid untuk pertama kalinya.

Jelaskan Fase-fase dalam Menstruasi!

Dalam ilmu biologi, terdapat 4 (empat) fase menstruasi, antara lain adalah:

  1. Fase menstruasi
  2. Fase Pra Ovulasi
  3. Fase Ovulasi
  4. Fase Pasca Ovulasi

Pada fase-fase dalam menstruasi tersebut memiliki waktu yang berbeda-beda. Misalnya, fase menstruasi normalnya terjadi antara 3-7 hari. Dalam waktu inilah darah haid akan keluar, atau yang dalam ilmu biologi terjadi pelepasan ovum dari dinding uterus yang menebal.

Kemudian fase pra ovulasi sama dengan berakhirnya siklus menstruasi. Artinya, darah sudah idak keluar lagi. Nah pada fase inilah keluar hormon gonadotropin yang merangsang keluarnya FSH. Fase ini sendiri berlangsung sampai dengan hari ke 14.

Selanjutnya fase ovulasi atau pelepasan telur yang sudah matang dari ovarium menuju tuba falopi. Terakhir adalah fase pasca ovulasi yang berlangsung pada hari ke 15 sampai dengan hari ke 28. Dan, jika tidak terjadi pembuahan, maka kembali lagi ke fase pertama, yakni fase menstruasi.

Jadi intinya, menstruasi terjadi jika sel telur (ovum) tidak dibuahi oleh sperma. 

FAQ

Mengapa seorang wanita mengalami menstruasi?
Karena pada tubuh wanita terjadi siklus menstruasi setiap bulannya. Dalam hal ini lapisan rahim yang menebal akan luruh ketika tidak terjadi pembuahan oleh sperma. Sehingga keluarlah darah yang dinamakan haid.

Kenapa cowo ga bisa datang bulan?
Karena cowo tidak punya ovarium, rahim, dan organ lain seperti perempuan, sehingga haid tidak akan terjadi. Dari sini sudah jelas, datang bulan atau menstruasi hanya terjadi pada perempuan.

Darah apa yang keluar saat menstruasi?
Saat menstruasi, perempuan akan mengeluakan darah. Nah, darah inilah yang disebut dengan darah haid. Menurut Islam; jika darah haid keluar, maka perempuan tidak diperbolehkan untuk sholat dan puasa.

Apakah semua perempuan yang ada di dunia ini mengalami menstruasi?Tidak juga, karena ada beberapa perempuan yang tidak mengalami fase menstruasi. Contohnya karena faktor genetis atau keturunan, dan bisa juga karena menjalani kuretase. Meskipun begitu, secara umum perempuan di dunia akan mengalami menstruasi dalam hidupnya.

Haid pertama warna apa?
Pada awal pertama haid, darah akan berwarna merah menyala. Kemudian seiring berjalannya hari, warna darah berubah menjadi gelap atau memudar. 

Itulah jawaban dari soal tentang jelaskan pengertian haid menurut ilmu biologi. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kamu dalam mengerjakan soal-soal biologi. Sekian dan selamat belajar.

Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar