Skip to main content

Ciri-ciri Bunga Lili Yang Wajib Kamu Ketahui

Ciri-ciri bunga lili ada beberapa macam, tapi umumnya bisa kamu lihat dari warnanya yang putih dan indah. Meskipun begitu ada pula bunga lili yang memiliki warna lain seperti warna kuning, ungu, merah muda, merah, dan masih banyak warna lainnya.

Selain warna bunga, ciri-ciri daun bunga lili, akar, dan bagian-bagian bunga lily yang lain tentu ingin kamu lihat. Begitu pula dengan manfaat bunga lili serta klasifikasinya yang wajib diketahui oleh para ahli biologi, terutama ahli yang fokus pada jenis-jenis tanaman.

Nah, untuk memudahkan kamu mempelajari tentang ciri-ciri bunga lili. Berikut kami berikan penjelasan lengkapnya.

Ciri-ciri Umum Bunga Lili

Kamus Biologi SMA

Secara umum, bunga lili memiliki ciri tertentu yang unik dengan struktur anatomi serta morfologinya yang khas. Adapun ciri-ciri umum dari bunga lili yang khas itu adalah sebagai berikut:

  • Batang pendek dan nyaris tidak terlihat.
  • Ukuran daun panjang dan runcing.
  • Mahkota bunga berukuran besar dan indah.
  • Bagian umbi tumbuh menjalar.
  • Umumnya habitat bunga lili di pegunungan, hutan, padang rumput dan rawa.

Ciri-ciri Akar Bunga Lili

Pada bagian akar bunga lili jenisnya adalah akar serabut. Sementara sistem akarnya ada 3 (tiga), yaitu akar tunggang, akar serabut, dan akar pengisap makanan.

1. Akar Tunggang

Akar ini akan muncul ketika pertama kali bunga lili tumbuh dalam persemaian. Kemudian akar tunggang secara perlahan akan menghilang dan berganti dengan akar serabut. 

Proses hilangnya akar tunggang bunga lili ini sejalan dengan bertambah besarnya persemaian. Sehingga ketika kamu melihat bunga lili sudah besar, maka tidak akan menemukan akar tunggang.

2. Akar Serabut

Selanjutnya akar serabut yang muncul dari dasar umbi tanaman lili. Akar serabut ini biasanya memiliki panjang antara 5 cm sampai dengan 7 cm. 

Akar tunggang jika dilihat akan nampak mengkerut dan seperti membesar. Sedangkan untuk letaknya ada di permukaan tanah. 

3. Akar pengisap makanan

Terakhir adalah akar pengisap makanan. Sesuai namanya, akar ini berfungsi untuk menghisap zat-zat makanan dari dalam tanah.

Bentuk akar bunga lili ini bercabang-cabang, sehingga memungkinkan tanaman mendapatkan makanan untuk pertumbuhan dan perkembangan.

Manfaat Bunga Lili

Bunga lili bermanfaat sebagai tanaman hias karena bentuknya yang indah dan estetik. Tidak hanya itu, bunga lili ternyata memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Meningkatkan kualitas udara.
  • Memberikan kenyamanan saat tidur dan beristirahat.
  • Dipercaya membawa keberuntungan 

Sekian penjelasan mengenai ciri-ciri bunga lili yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan baru buat kamu semua. Amiin 

Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar