Skip to main content

Charles Darwin Menyatakan Bahwa Spesies yang Ada Terbentuk Karena

Charles Darwin menyatakan bahwa spesies yang ada terbentuk karena adanya seleksi alam. Hal ini Darwin temukan saat melakukan pengamatan terhadap hewan dan tumbuhan di Kepulauan Galapagos, Amerika Selatan.

Untuk lebih jelasnya mengenai pernyataan Darwin tentang terbentuknya spesies, kamu bisa lihat ringkasan penemuan teori Charles Darwin berikut ini. 

Teori Charles Darwin Tentang Seleksi Alam

Saat itu Darwin mengamati hewan kura-kura yang memiliki ukuran sangat besar. Ia tahu bahwa kura-kura berasal dari nenek moyang yang sama, sehingga kura-kura raksasa tersebut merupakan hasil dari proses evolusi.

Kamus Biologi SMA

Evolusi inilah yang kemudian oleh Darwin disebabkan karena isolasi kura-kura pada pulau-pulau berbeda yang ada di Kepulauan Galapagos.

Dari sinilah pernyataan Charles Darwin mengenai teori seleksi alam berasal. Dalam penemuaannya, Darwin terinspirasi dari karya Charles Lyell yang berjudul Principles of Geology.

Lebih lanjut mengenai teori seleksi alam dari Darwin ini bisa kamu lihat pada pengamatan spesies lain, yakni burung mocking bird. Darwin melihat ada perbedaan paruh burung mocking bird pada habitat atau tempat yang berbeda. 

FAQ

Bagaimana pandangan Charles Darwin tentang terbentuknya spesies baru?
Darwin mengungkapkan terbentuknya spesies baru karena seleksi alam. Dalam istilahnya, seleksi alam berarti makhluk hidup akan bertahan atau terus hidup karena mampu beradaptasi, sedangkan yang tidak bisa beradaptasi akan mati atau punah.

Mengapa buku Principles of Geology dapat memotivasi Darwin untuk menemukan teori evolusi baru?
Principles of Geology merupakan buku karya dari Charles Lyell. Buku Charles Lyell inilah yang menjadi salah satu motivasi dan inspirasi bagi Darwin dalam mengungkapkan teori evolusi baru tentang seleksi alam. Dalam buku Principles of Geology terdapat pernyataan bahwa batuan, pulau, dan benua selalu mengalami perubahan.

Mengapa teori evolusi dari Darwin lebih banyak diterima oleh orang banyak dari pada teori Larmarck?
Teori evolusi yang dinyatakan oleh Charles Darwin lebih diterima daripada teori evolusi milik Lamarck karena adanya bukti-bukti dari Darwin mengenai teori evolusinya. Bukti-bukti tersebut antara lain penyebaran geografis spesies, anatomi perbandingan, hingga catatan fosil.

Demikianlah penjelasan mengenai spesies yang terbentuk dari ilmuwan terkenal dunia Charles Darwin. Semoga bisa membantu menjawab pertanyaan kalian semua. Terima kasih dan selamat belajar.
Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar