Skip to main content

Rangkuman Materi Biologi Kelas 12 Bab Pertumbuhan dan Perkembangan

Rangkuman materi biologi kelas 12 bab pertumbuhan dan perkembangan adalah, ringkasan singkat yang memudahkan pelajar memahami materi pertumbuhan dan perkembangan. Rangkuman yang kami berikan ini untuk pelajar di kelas 12 SMA/SMK/MA. 

Seperti pada rangkuman materi biologi kelas 11, dimana dalam kamusbiologisma.com juga bisa kamu temukan ragam kajian biologi lainnya. Misalnya, soal dan pembahasan biologi yang memudahkan kamu dalam menjawab soal-soal dengan cepat dan tepat.

Kamus Biologi SMA

Selain itu, buat kamu yang sedang mempersiapkan ujian PTS, PAT, maupun UTBK juga bisa belajar melalui kamusbiologisma.com. Sehingga waktu ujian, kalian dapat mengerjakan soal-soal biologi dengan mudah.

Meskipun semester ini terjadi pergantian kurikulum yaitu kurikulum merdeka. Namun, kamu jangan khawatir, karena materi pertumbuhan dan perkembangan pada kelas XII esensinya masih sama.

Nah, supaya lebih jelas, berikut isi rangkuman materi pertumbuhan dan perkembangan lengkap dengan kompetensi dasarnya. 

Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan dengan metode mind mapping, teknik ATM, dan pendekatan saintifik yang menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas,selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:

  • Mampu memahami proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dan mengaplikasikannya dalam pengamatan pertumbuhan dan perkembangan.
  • Menganalisis hubungan antara faktor internal dan eksternal dengan proses pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.
  • Merencanakan dan melaksanakan percobaan tentang faktor eksternal yang memengaruhi faktor internal dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman, dan melaporkan secara tertulis dengan menggunakan tatacara penulisan ilmiah yang benar dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.

Kompetensi Dasar

  1. Peserta didik mampu menjelaskan pengertian pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
  2. Mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan
  3. Menjelaskan tentang pertumbuhan dan perkembangan pada hewan
  4. Siswa menjelaskan tentang pengertian fase embrionik
  5. Mampu menjelaskan tentang pengertian fase pascaembrionik
  6. Menjelaskan tentang pengertian metamorfosis dan metagenesis 
  7. Menjelaskan tahapan pertumbuhan dan perkembangan manusia
  8. Merancang percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan dan perkembangan 
  9. Melakukan percobaan tentang faktor eksternal yang memengaruhi faktor internal dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman, dan melaporkan secara tertulis dengan menggunakan tatacara penulisan ilmiah yang benar

Rangkuman Materi Bab Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Berikut rangkuman materi biologi kelas 12 untuk bab pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan, antara lain:

  • Pertumbuhan dan perkembangan terjadi pada proses makhluk hidup, termasuk tumbuhan.
  • Arti pertumbuhan adalah peningkatan ukuran yang memiliki sifat permanen, atau tidak kembali lagi.
  • Perkembangan adalah proses perubahan bentuk yang berawal dari diferensiasi.
  • Pertumbhan dan perkembngan awal meliputi proses embrio dan perkecambahan.
  • Proses perkecambahan ada dua macam yaitu epigeal dan hipogeal.
  • Pada petumbuhan dan perkembangan berlangsung pada bagian sel meristem, atau sel yang aktif membelah. Contohnya pada ujung akar dan ujung tunas.
  • Pertumbuhan dan pekembangan sekunder berlangsung pada daerah meristem sekunder.
  • Faktor internal antara lain gen dan hormon.
  • Faktor eksternal yaitu faktor luar yang mempengaruhi pertumbhan dan perkembangan, misalnya air, suhu, kelembapan, cahaya, mineral, dan pH tanah.
  • Hormon tumbuhan antara lain auksin, giberelin, gas etilen dan sitokinin.
  • Hormon penghambat pertumbuhan pada tumbuhan adalah asam abisat. 

FAQ

Apa yang dimaksud pertumbuhan dan perkembangan biologi kelas 12?

Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran suatu makhluk hidup. Sedangkan, perkembangan adalah perubahan bentuk yang pada tumbuhan awalnya terjadi diferensiasi. Keduanya baik pertumbuhan maupun perkembangan dapat kamu pelajari pada pelajaran biologi di kelas 12 IPA.

Apa perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan dan contohnya?

Pertumbuhan berbeda dengan perkembangan. Jika pertumbuhan terlihat pada ukuran, sementara perkembangan pada proses perubahan bentuk. Contohnya, pertumbuhan pohon yang semakin tinggi dan tidak kembali pendek, sedangkan perbedaaan pada perkembangan akan terjadi jika pohon bentuknya semakin besar. 

Demikianlah rangkuman materi biologi kelas 12 pada bab pertumbuhan dan perkembangan. Semoga penjelasan kali ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi semua. Selamat belajar...

Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar