Skip to main content

Limbah Keras Yang Banyak Dihasilkan Dari Kawasan Industri Contohnya Adalah

Limbah keras yang banyak dihasilkan dari kawasan industricontohnya adalah jenis limbah logam. Namun kamu perlu tahu sebelum menjawabnya, bahwa limbah keras dalam biologi ada dua macam yaitu limbah keras organik dan anorganik.

Untuk limbah keras organik ini berasal dari sisa-sisa kegiatan industri pertanian, perkebunan maupun rumah tangga. Contoh limbah keras organik antara lain kulit telur, sisa makanan, ranting pohon, dan limbah apa pun yang mudah terurai di alam.

Kamus Biologi SMA

Sedangkan limbah keras anorganik dari kawasan industri cirinya tidak mudah terurai dan biasanya mengandung bahan yang berbahaya. Sebagai contoh limbah keras anorganik bisa kamu lihat sebagai berikut:

  1. Limbah logam
  2. Pecahan kaca 
  3. Limbah medis 
  4. Plastik

Limbah Keras Logam

Untuk limbah keras logam kandungannya bisa bermacam-macam seperti timbal, timah, merkuri, mangan, ataupun besi. Limbah logam ini contohnya biji besi, kerangka konstruksi, kaleng, alat-alat dapur, kerangka kendaraan, hingga gantungan kunci. 

Sementara pemanfaatan limbah logam dapat menghemat sumber daya energi sebesar 74 persen apabila dilakukan secara konsisten untuk kebutuhan produksi. Jadi limbah logam punya nilai ekonomis, sehingga pikirkan kembali saat membuangnya.

Limbah Kaca

Jenis limbah kaca berasal dari produk-produk berbahan kaca. Misalnya, kaca rumah, cermin, kaca kendaraan, lampu, akuarium, sampai dengan limbah botol kaca. 

Untuk memanfaatkan limbah kaca tentu lebih rumit, karena perlu teknologi khusus agar perubahan bentuk kaca memiliki nilai ekonomis. Bagi pegiat seni, limbah kaca bisa menghasilkan karya yang indh loh.

Itulah jawaban mengenai limbah keras yang banyak dihasilkan dari kawasan industri. Semoga bermanfaat. Amiin

Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar