Skip to main content

Skema Pembekuan Darah dalam Biologi yang Wajib Kamu Ketahui

Skema pembekuan darah dalam biologi ada pada bab sistem peredaran darah. Tujuan mempelajarinya agar peserta didik dapat mengetahui proses penggumpalan darah, mulai dari trombosit pecah hingga terbentuknya benang-benang fibrin.

Sebelum memahami materi skema pembekuan darah, tentu komponen-komponen darah harus kamu ketahui. Karena komponen darah merupakan bagian dari unsur-unsur darah yang membantu proses pembekuan darah.

Salah satu komponen utama yang berperan dalam proses pembekuan darah yaitu trombosit. Trombosit inilah yang dalam istilah lain biologi disebut dengan keping darah. Mengenai pembahasan trombosit bisa kamu lihat pada kamus biologi.

Skema Pembekuan Darah Pada Manusia

Kamus Biologi SMA

Skema pembekuan darah yang terjadi pada tubuh manusia dimulai saat trombosit pecah dan mengeluarkan enzim trombokinase. Kemudian enzim trombokinase akan mengubah protrombin menjadi trombin, terus trombin akan mengubah fibrinogen menjadi benang-benang fibrin.

Untuk urutan skema pembekuan darah, kamu bisa lihat berikut ini:

Trombosit pecah -> enzim trombokinase -> protrombin -> trombin -> fibrinogen -> benang-benang fibrin-> darah membeku 

Dari skema tersebut, kamu juga perlu tahu bahwa dalam proses pembentukan protrombin menjadi trombin itu dibantu oleh ion kalsium (ca+) dan vitamin K. Sedangkan proses fibrinogen menjadi benang-benang fibrin terdapat ion kalsium. 

Adapun mekanisme proses pembekuan darah secara sederhana bisa kamu lihat di bawah ini.

1. Tubuh Luka

Tahap pertama proses pembekuan darah adalah saat terjadi luka, yakni pembuluh darah terbuka atau mengalami kerusakan. Luka ini bentuknya bermacam-macam, misalnya karena terjatuh, terkena benda tajam, dan luka yang mengakibatkan dinding pembuluh darah mengalami pendaharan.

2. Pembuluh Darah Menyempit

Dari luka tersebut, kemudian akan terjadi proses penyempitan pembuluh darah supaya pendarahan dapat terkontrol. Proses inilah yang membatasi aliran darah agar pendarahan pada bagian tubuh yang terluka berkurang atau berhenti. 

3. Peran Trombosit

Trombosit akan aktif sejak tubuh terkena luka. Kemudian trombosit akan mengeluarkan sinyal kimia untuk membuat sumbatan pada bagian tubuh yang terluka. Sumbatan tersebut berupa gumpalan yang terbentuk secara bersama-sama oleh trombosit. 

Dalam prosesnya, trombosit akan mengeluarkan trombokinase. Kemudian trombokinase secara bersama-sama dengan ion kalsium dan vit k akan membantu protrombin menjadi trombin.

4. Fibrinogen dan Fibrin

Proses pembekuan darah yang terakhir yaitu terbentuknya fibrin dari benang-benang fibrin. Sehingga terjadi gumpalan selama berhari-hari, bahkan bisa berminggu-minggu lamanya. Fibrin inilah yang berperan dalam menutup luka. 

Jadi saat luka kamu berwarna coklat, yang dalam arti lain mau sembuh. Maka itulah benang-benang fibrin.

Gambar Proses Pembekuan Darah

Agar para peserta didik lebih mudah memahami, sebaiknya berikan gambar skema proses pembekuan darah saat pembelajaran. Nah, untuk memudahkan bapak ibu guru pengajar mata pelajaran biologi, berikut adalah gambarnya.   

Kamus Biologi SMA
Skema Proses Pembekuan Darah

Pada gambar tersebut, bapak ibu guru bisa menggunakan trik belajar cepat agar para siswa lebih mudah menghapalkannya. Contohnya, dengan menyingkat skema dengan kode huruf seperti TT, PT, dan FF.

  • TT: Trombosit-Trombokinase
  • PT: Protrombin-Trombin
  • FF: Fibrinogen-Fibrin  
Melalui kode-kode yang sudah bapak ibu buat, niscaya para peserta didik akan lebih mudah memahaminya. Namun, jangan lupa menjelaskan peran vitamin K dan ion kalsium ya...

Memang pembelajaran biologi membutuhkan teknik tertentu agar siswa lebih mudah belajar. Banyak kata asing yang terkadang perlu pikiran fresh untuk menghapalkannya.

Jika ingin lebih mudah memahamkan proses pembekuan darah pada murid-murid. Para guru bisa memberikan contoh luka yang baru sembuh. 

Caranya pun mudah, tinggal bertanya saat pembelajaran di kelas, misalnya "Siapa yang punya luka baru sembuh, silahkan maju ke depan?"

Dari pertanyaan tersebut, tentu para siswa yang punya luka akan maju. Nah, selanjutnya silahkan bahas proses pembekuan darah. Gimana, mudah kan! 

Gangguan Proses Pembekuan Darah

Saat terjadi luka, proses pembekuan darah tidak selama berjalan sempurna. Terkadang beberapa orang mengalami gangguan kesehatan yang membuat proses pembekuan tidak berjalan semestinya. 

Misalnya, orang yang terkena hemofilia, dimana darah orang tersebut sukar membeku. Bahkan, pada kasus yang sangat parah, penderita hemofilia bisa mengalami pendaraan meski tidak terjadi luka sekali pun.

Selain itu, ada juga gangguan pembekuan darah lainnya yakni hiperkoagulasi. Gangguan kesehatan ini malah kebalikan dari pembekuan darah, dimana penderita akan mengalami proses pembekuan darah secara berlebihan.

Soal Biologi Proses Pembekuan Darah

Setelah kamu mengerti tentang materi proses pembekuan darah, maka selanjutnya akan kami berikan contoh soal skema pembekuan darah lengkap dengan jawabannya sebagai berikut:

1. Berapa lama proses pembekuan darah? Jawabannya, sekitar 3 sampai dengan 10 menit untuk kondisi normal

2. Perhatikan skema pembekuan darah berikut!

Kamus Biologi SMA

Bagian yang ditunjuk oleh angka 1, 2, dan 3 secara berurutan adalah .... 

A. Protrombin, fibrin, dan fibrinogen

B. Protrombin, fibrinogen, dan fibrin

C. Tromboplastin, fibrinogen, dan fibrin

D. Tromboplastin, fibrin, dan fibrinogen

E. Tromboplastin, protrombin, dan fibrin

3. Apa ciri ciri pembekuan darah? 

Ciri-ciri pembekuan darah antara lain: Tubuh akan merasa nyeri, terjadi pembengkakan, timbul rasa hangat rasa hangat pada bagian yang bengkak, dan muncul memar berwarna biru atau kemerahan.

4. Apa fungsi dari trombin? 

Tombin berfungsi mengubah fibrinogen menjadi fibrin pada proses pembekuan darah.

5. Pembuluh darah yang mengangkut darah kaya karbon dioksida adalah ....

  1. vena kava inferior 
  2. vena kava superior 
  3. arteri pulmonalis 
  4. vena pulmonalis 

Manakah jawaban yang paling tepat? 

A. 1, 2, dan 3 saja

B. 1 dan 3 saja

C. 2 dan 4 saja

D. hanya 4  

E. Semua jawaban benar

6. Apa pengertian dari trombokinase?

Trombokinase adalah suatu protein yang mengubah protrombin menjadi trombin pada proses pembekuan darah. Trombokinase dalam istilah sains juga sering dikatakan sebagai tromboplastin.

7. Apa yang terjadi jika trombosit pecah? 

Jika trombosit pecah, maka yang terjadi tubuh akan mengalami luka. Akibatnya darah akan mengalir keluar. 

8. Apa yang dimaksud dengan trombin?

Trombin adalah enzim yang berperan dalam proses pembekuan darah. Enzim trombin ini berfungsi sebagai katalisator untuk mengubah fibrinogen menjadi benang-benang fibrin.

9. Apa yang dimaksud dengan benang benang fibrin?

Benang-benang fibrin adalah hasil proses pembekuan darah yang asalnya dari fibrinogen. Fibrin sendiri bentuknya seperti serat-serat benang yang berguna untuk menggumpalkan darah.

10. Apakah trombosit dan trombokinase sama?

Tentu tidak sama, karena trombosit keluar saat terjadi luka. Sedangkan trombokinase adalah hasil ketika trombosit pecah. Trombokinase ini berperan membantu ion kalsium dan vitamin K dalam proses protrombin menjadi trombin.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai skema pembekuan darah dalam biologi yang wajib kamu ketahui. Semoga penjelasan dari kamusbiologisma.com bisa membantu memecahkan masalah perihal sistem peredaran darah. 

Sekian dari kami, selamat belajar dan sukses selalu buat para guru maupun peserta didik. Tetap semangat.

Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar