Skip to main content

Keberhasilan rekayasa genetika menghasilkan tumbuhan unggul dan pengembangan hasilnya terus-menerus

Keberhasilan rekayasa genetika menghasilkan tumbuhan unggul dan pengembangan hasilnya terus-menerus telah meningkatkan kekuatiran banyak kalangan, terutama ahli biologi karena ....

A. menurunkan populasi plasma nutfah 

B. memberikan keunggulan yang sesaat pada manusia 

C. sifat unggul tidak dapat dipertahankan 

D. sifat unggul memiliki toleransi yang tinggi terhadap lingkungan 

E. gen-gen unggul plasma nutfah menjadi inaktif

Melihat soal biologi mengenai rekayasa genetika yang semakin meningkat pada tumbuhan unggul, memang mengkhawatirkan para ilmuwan biologi. Penyebabnya adalah karena hasil rekayasa genetika dapat menurunkan jumlah populasi plasma nutfah.

kamus biologi sma

Jadi jawaban dari pertanyaan di atas sudah jelas, yaitu A. menurunkan populasi plasma nutfah. Lalu apa itu rekayasa genetika dan plasma nutfah? Lihat penjelasannya di bawah ini.

Apa yang Dimaksud dengan Rekayasa Genetika

Rekayasa genetika dapat Anda pelajari dalam berbagai macam buku biologi. Materi ini ada pada kelas XII bab bioteknologi.

Dalam bab bioteknologi, materi rekayasa genetika meliputi pengertian, contoh rekayasa genetika, dan manfaat rekayasa genetika. Selain itu juga terdapat dampak negatif rekayasa genetika.

Seperti yang sudah dijelaskan, salah satu dampak negatif dari rekayasa genetika adalah menurunkan populasi plasma nutfah. 

Misalnya, pada tanaman transgenik yang membuat tanaman kebal dengan hama. Akibatnya spesies seperti kupu-kupu tidak dapat melakukan penyerbukan sehingga membuat jumlah populasinya semakin menurun.

Apa itu Plasma Nutfah dan Contohnya?

Plasma nutfah adalah sumbar daya genetik yang terdapat pada organisme dengan kemampuannya yang dapat mewariskan sifat atau keturunan. Sumber daya ini banyak digunakan oleh para peneliti, terutama yang membawa sifat-sifat unggul sehingga dapat dimanfaatkan.

Contoh plasma nutfah adalah jagung atau nama ilmiahnya Zea mays. Tanaman ini berasal dari berbagai negara seperti Peru, Equador, Bolivia, Meksiko Selatan dan Amerika Tengah.

Adapun manfaat tanaman jagung sebagai sumber bahan makanan pokok, sayuran, dan juga makanan ringan (jagung manis dan pop corn). Adapun untuk jumlah aksesi plasma nutfah spesies jagung yang terdapat pada BB – Biogen sekitar 875 nomor.

Selain jagung, masih banyak contoh plasma nutfah lainnya, seperti ubi kayu, gembili, talas, dan lain sebagainya.

Penutup

Sekian penjelasan mengenai kekhawatiran keberhasilan rekayasa genetika. Semoga bisa membantu Anda dalam memahami soal-soal biologi.

Untuk soal-soal lainnya, Anda bisa lihat kumpulan soal-soal biologi pada link https://www.kamusbiologisma.com/2022/03/kumpulan-soal-biologi-lengkap-dengan.html

   

Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar