Skip to main content

Interaksi antarspesies yang merupakan amensalisme adalah

Interaksi antarspesies yang merupakan amensalisme adalah .... 

A. ikan hiu dengan ikan remora 

B. anggrek di suatu pohon 

C. alga Scenedesmus dengan suatu bakteri 

D. ular dengan tikus 

E. Escherichia coli di usus besar manusia

Melihat soal biologi mengenai interaksi antarspesies yang merupakan amensialisme yaitu interaksi antara alga Scenedesmus dengan suatu bakteri. Mengapa jawabannya C? Begini alasannya.

kamus biologi sma

Apa itu Amensialisme?  

Amensialisme adalah interaksi makhluk hidup yang mana satu pihak dirugikan, sementara pihak lain tidak terpengaruh. Hal ini berbanding terbalik dengan komensialisme, dimana yang satu untung tapi yang lain tidak rugi.

Contoh Amensialisme

Contoh amensalisme adalah pohon pinus yang mengeluarkan senyawa alelopati. Sehingga membuat tumbuhan lain tidak bisa hidup dengan sangat baik atau terganggu dengan senyawa yang dikeluarkan pohon pinus.

Sementara contoh amensialisme yang lain seperti pada contoh soal di atas, di mana alga Scenedesmus mengeluarkan antibiotik yang bisa mengganggu pertumbuhan bakteri. 

Penutup

Itulah penjelasan mengenai soal amensalisme yang bisa kami berikan. Semoga bermanfaat dan bisa menjawab pertanyaan pelajaran biologi. 

Buat kamu yang ingin belajar soal-soal biologi lainnya, silahkan cek kumpulan soal biologi. Jangan lupa tulis pesan pada kolom komentar jika kamu masih merasa bingung atau kesulitan mengerjakan soal-soal biologi.

Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar