Skip to main content

Eutrofikasi itu apa? Gunakan saja analogi persawahan saat menjelaskan ke siswa

 



Bingung menjelaskan apa itu eutrofikasi? Simak yuk biar Anda mudah memahami biologi bab dampak perubahan lingkungan.

Seperti diketahui, eutrofikasi adalah salah satu jenis pencemaran air yang disebabkan oleh bahan organik. Saat menjelaskan ke anak-anak, sebaiknya gunakan analogi persawahan.

Nah loh, apa itu analogi persawaan dan keterkaitan dengan eutrofikasi? Gampang kok bapak ibu guru yang baik hati.

Begini, pada areal persawahan, biasanya para petani membutuhkan pupuk untuk menyuburkan tanaman mereka. Pupuk yang disebar, terdapat beberapa kandungan yang salah satunya adalah fosfat.

Jika fosfat yang diberikan ke sawah petani berlebihan, tentu akan berdampak pada lingkungan. Di mana fosfat akan menuju ke aliran air di persawahan dan berujung ke sungai.

Dari situ, biasanya akan muncul tanaman eceng gondok di sungai. Kemudian tanaman eceng gondok akan semakin subur dan nbertambah banyak. Dalam istilah kerennya disebut booming population.

Jumlah populasi eceng gondok yang melimpah disungai tersebut bisa menjadi masalah tersendiri bagi ekosisitem perairan. Hal inilah yang disebut dengan eutrofikasi.

Tapi ingat eutrofikasi yang berakibat masalah dengan melimpahnya eceng gondok, bisa menjadi berkah jika eceng gondok tersebut dibuat kerajinan atau produk yang bermanfaat. Sehingga ada proses ekonomi disana, asal kreatif. 

Demikian bapak ibu guru info dari kami, semoga bermanfaat ya. Salam buat anak-anaknya, tetap semangat. 


Comment Policy: Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait artikel, silahkan klik tombol di bawah ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar